Pertamina Siapkan USD2,5 Miliar untuk Operasikan Blok Mahakam

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 19 Jun 2015 14:47 WIB
pertamina
Pertamina Siapkan USD2,5 Miliar untuk Operasikan Blok Mahakam
Illustrasi pertamina (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan anggaran sebesar USD2,5 miliar atau setara dengan Rp33 triliun per tahun untuk mengoperasikan Blok Mahakam.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, dengan investasi yang cukup besar tersebut perusahaan akan melakukan drilling blok yang ada, kemudian juga akan melakukan ekspansi terhadap beberapa blok yang belum tereksplorasi oleh operator sebelumnya.

"Sehingga kita berharap bisa menemukan cadangan baru di sektiar blok," kata Dwi dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Sementara itu, Vice President Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan investasi sebesar USD2,5 miliar ini sudah disiapkan oleh Pertamina dengan meninjau biaya operasi sebelumnya yang dikeluarkan PT Total EP dan Inpex saat masih menggarap penuh Blok Mahakam.

Wianda menambahkan, meskipun Pertamina tidak mendapatkan porsi mengelola Blok Mahakam 100 persen, namun perusahaan pelat merah tersebut mampu menyiapkan investasi lebih dari USD2,5 miliar.

"Secara finansial kita siap, kita memiliki kemampuan lebih dari USD2,5 miliar per tahun," ujar Wianda. (MTVN/Arif W) 


(ABD)