Dituduh Jiplak Lagu, Justin Bieber dan Usher Dituntut Rp133,3 Miliar

Nia Deviyana    •    Jumat, 19 Jun 2015 16:08 WIB
justin bieber
Dituduh Jiplak Lagu, Justin Bieber dan Usher Dituntut Rp133,3 Miliar
Foto: Justin dan Usher / hypetrak.com

Metrotvnews.com, Los Angeles: Justin Bieber dan Usher harus menghadapi tuntutan sebesar USD10 juta (Rp133,3 miliar) atas tuduhan pelanggaran hak cipta lagu Somebody to Love.

Somebody to Love, diklaim mirip dengan lagu milik penulis lagu asal Virginia, Devin Copeland dan Mareio Overton. Dalam tuntutannya, baik Copeland maupun Overton mengaku telah mendaftarkan dan mendapatkan hak cipta untuk lagu mereka.

Devin menjelaskan, lagu Somebody to Love sebetulnya ditulis untuk albumnya My Story II (2008) yang pernah dimainkannya di depan Usher dan para pencari bakat dari perusahaan rekaman.

Dalam tuntutannya, Devin menyebutkan, setelah membuat demonya, Usher memberikan lagu Somebody to Love untuk dinyanyikan Justin Bieber dalam My World 2.0. Dan tanpa izin tertulis, Usher mengklaim bahwa lagu ini adalah ciptaannya.

Perkara ini telah diajukan di Pengadilan Distrik Amerika di Virginia. Menurut hakim pengadilan, Pamela Harris, kedua lagu tersebut memang memiliki kemiripan.

"Setelah mendengarkan lagu Copeland dan milik Bieber-Usher secara keseluruhan, kami menyimpulkan bahwa terdapat kemiripan di bagian chorus," jelas Pamela seperti dikutip Reuters, Jumat (19/6/2015).

Somebody To Love merupakan lagu yang diberikan kepada Justin Bieber pada 2010. Saat dirilis, lagu yang diberi sentuhan remix oleh Usher tersebut langsung menduduki posisi ke-15 di tangga lagu Billboard Hot 100.


(AWP)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

5 minutes Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA