Atasi Tawuran, Polisi & Warga Diminta Konsisten Jaga Lingkungan

Kisar Rajaguguk    •    Jumat, 19 Jun 2015 16:23 WIB
tawuran
Atasi Tawuran, Polisi & Warga Diminta Konsisten Jaga Lingkungan
Ilustasi tawuran (Foto:Antara/Ridwan)

Metrotvnews.com, Depok: Polisi dan masyarakat diminta konsiten menjaga lingkungan agar tercipta situasi yang kondusif selama Ramadan. Penjagaan harus diperketat di titik-titik yang kerap dijadikan tempat berkumpul orang.
 
Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Yogo Tri Hendiarto mengatakan, polisi harus identifikasi masalah dengan cara melakukan pemetaan lokasi dan masalah, setelah itu mencari solusi dengan mekanisme damai.
 
Masyarakat harus berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan agar tercipta keamanan. "Dengan adanya pemetaan maka sudah ada upaya identifikasi masalah. Tinggal bagaimana kerja sama antara masyarakat dengan petugas, bentuknya harus konkret " kata Yogo, Jumat (19/6/2015).
 
Kunci untuk menjaga keamanan lingkungan adalah komitmen dan konsistensi dari seluruh stakeholder untuk menjaga. Keamanan jangan sepenuhnya dilimpahkan ke kepolisian, tetapi perlu kesadaran masyarakat.
 
"Kalau jalan sendiri-sendiri keamanan tidak akan terjaga. Kuncinya komitmen dan konsisten. Jika masyarakat mau aman harus menjaga lingkungan,  harus ada partisipasi. Jangan cuma ingin aman tapi tidak ada kontribusinya," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kabag Ops Polres Depok Komisaris Tri Yulianto mengatakan, ada lima titik yang dinilai rawan tawuran, Grand Depok City , Jalan Juanda, Jalan Raya Bogor, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jembatan Serong. Patroli juga dilakukan menjelang berbuka.
 


(FZN)