Mengenal Desain Antarmuka EMUI di Huawei Y3

   •    Jumat, 19 Jun 2015 16:30 WIB
huawei
Mengenal Desain Antarmuka EMUI di Huawei Y3
EMUI membuat tampilan Huawei Y3 terlihat elegan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda ingin membeli ponsel, bagian mana yang biasanya Anda lirik dahulu? Mungkin sebagian besar jawaban Anda adalah merek, harga ataupun fitur. Ketiga faktor tersebut memang masih menjadi patokan bagi sebagian besar orang ketika memilih ponsel.

Sebenarnya, ada satu faktor yang tak kalah penting, yaitu antarmuka atau UI. Antarmuka adalah pengaturan tampilan menu sedemikian rupa sehingga enak dilihat dan betul-betul mudah dimengerti pengguna, termasuk yang baru sekalipun. Lebih dari itu, Antarmuka juga harus bisa membuat pengguna merasa nyaman. Ini seperti mendesain interior rumah Anda agar enak ditinggali.

Dari sisi vendor, antarmuka juga penting karena bisa menjadi faktor pembeda mereka dengan pesaingnya. Salah satu produsen yang tergolong paling menonjol dalam hal ini adalah Huawei. Mereka memiliki antarmuka yang disebut Emotion UI atau EMUI.



Sesuai namanya, desainer Huawei mengembangkan EMUI dengan filosofi tak semata-mata menonjolkan tampilan visual, tetapi juga kombinasi warna yang diharapkan mampu menjaga mood seseorang tetap baik. Hasilnya, EMUI membuat produk mereka terlihat lebih elegan, bahkan untuk kelas entry level sekalipun. Apalagi, di saat yang sama, kebanyakan vendor, apalagi yang lokal, cenderung memilih antarmuka standar Google atau kerap disebut Stock Android karena berbagai hal, termasuk ketiadaan sumber daya.

Penggunaan EMUI di semua lini produk juga membuat tampilan smartphone Huawei terlihat tak jauh berbeda. Dengan demikian, saat Anda beralih dari produk kelas pemula ke menengah, tak akan ada perbedaan signifikan dalam hal memahami cara penggunaan.

Salah satu produk yang sudah mengadopsi EMUI adalah Huawei Y3, smartphone kelas pemula yang baru mereka luncurkan di Indonesia pada 6 Juni lalu. Berbeda dengan ponsel lain di kelasnya, Huawei Y3 tampil dengan antarmuka setara produk premium. Anda dapat dengan mudah melihat berbagai notifikasi yang tampil di layar Huawei Y3 karena EMUI menampilkannya berupa timeline yang mirip dengan Facebook, seperti di bawah ini.



EMUI juga membuat Huawei Y3 memiliki menu pengaturan yang lebih terstruktur dan tidak berantakan. Semua menu pengaturan disimpan dalam satu menu utama. Ikon yang ditampilkan pada Huawei Y3 pun memiliki desain yang simpel, tetapi elegan. Ikon tersebut dikombinasikan dengan warna yang cerah, sehingga menimbulkan kesan yang penuh gaya.

Bagi Anda yang gemar menyimpan foto di ponsel, Huawei Y3 juga menghadirkan aplikasi Galeri yang dapat mengatur banyak foto secara rapi. Berbeda dengan aplikasi galeri  pada umumnya, aplikasi Galeri pada Huawei Y3 memiliki tampilan timeline sehingga Anda akan lebih mudah mencari foto berdasarkan waktu dan lokasi pengambilannya. Selain itu, Galeri bisa menampilkan seluruh foto Anda dalam bentuk slideshow.

Perpaduan desain ikon, warna dan penempatan menu, membuat EMUI salah satu yang terbaik saat ini. Hasilnya, ponsel kelas pemula sekalipun mampu menghadirkan pengalamaan penggunaan yang memuaskan.

Jika penasaran melihat keunggulan Huawei Y3, Anda bisa mendatangi toko terdekat atau memesannya melalui Blibli dengan harga sangat terjangkau, hanya Rp799 ribu. (ADV)


(ABE)