Tips Menjaga Pencernaan Saat Puasa

   •    Jumat, 19 Jun 2015 16:37 WIB
kesehatanpuasa
Tips Menjaga Pencernaan Saat Puasa
Menjaga kseehatan pencernaan. (Foto:abcnews.go.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masalah pencernaan cenderung meningkat saat bulan puasa. Banyak yang merasa gangguan maag kambuh atau justru baru memiliki maag saat menjalani puasa.

Menurut dr. Rahma Kirana, makanan adalah awal dari penyakit maag. Jika makanan yang dikonsumsi sehat, maka dipastikan tidak akan ada masalah dalam pencernaan.

"Kalau makanannya sehat sebenarnya tidak masalah. Kalau beli makanan di luar kita enggak tahu makanan yang dimakan sehat atau tidak kan? Sakit maag ada yang fungsional atau organik. Kalau organik dari awalnya sudah sakit, ada tukak lmbung. Kalau fungsional sakitnya akibat makanan," tuturnya.

Dokter Rahma pun menyarankan untuk berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma atau sirup. kemudian baru makan besar seperti sop dan hindari makanan yang terlalu pedas dan asam.

"Buat yang punya riwayat maag, dari makan sahur sudah dijaga, makan makanan yang gizi seimbang dan tinggi serat, hindari kafein tinggi seperti susu, kopi dan teh, karena bisa meningkatkan asam lambung. Setelah sahur jangan langsung tidur karena asam lambung diproduksi berlebihan sehingga setelah bangun terus lapar lagi," terangnya.

Dokter Rahma mengatakan, makanan tinggi serat yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur seperti mengonsumsi bayam, tomat dan pepaya. Makanan yang kaya serat akan memperlama pengosongan lambung sehingga tidak merasa cepat lapar.

Sementara, untuk penderita maag sebaiknya jangan langsung makan terlalu berat karena bisa menyebabkan mual. Penderita maag sebaiknya makan secara sedikit demi sedikit agar lambung tidak kaget.


(LOV)