Apple Kelompokkan Aplikasi Khusus Selama Ramadan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 19 Jun 2015 20:10 WIB
apple
Apple Kelompokkan Aplikasi Khusus Selama Ramadan
Tampilan bagian Ramadan di iTunes. (MakeMac)

Metrotvnews.com: Apple tampaknya menyadari betapa pentingnya bulan Ramadan bagi umat Islam. Karena itulah, mereka memberikan bagian khusus di iTunes di mana Anda dapat melihat berbagai aplikasi pilihan yang dapat membantu Anda untuk menjalankan ibada puasa. Uniknya, tidak semua aplikasi yang disarankan Apple adalah aplikasi khusus untuk umat Islam atau khusus Ramadan. Dan inilah 5 aplikasi termasuk mereka sarankan.

1. MuslimPro
Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama. Salah satunya adalah waktu salat yang didasarkan pada lokasi Anda. Selain itu, ia juga memiliki notifikasi azan, baik berupa visual maupun audio. Dan sekarang bulan puasa telah dimulai, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu Anda untuk tahu waktu puasa.

MuslimPro juga dilengkapi dengan Al-Qur'an yang tertulis dalam bahasa Arab dan dilengkapi dengan cara baca, terjemahan dan bahkan audio berupa MP3. Dalam aplikasi ini, Anda juga dapat menemukan Asmaul Husna. Aplikasi ini juga memiliki pilihan bahasa Indonesia.



2. HalalTrip
Aplikasi ini, seperti namanya, memiliki fungsi utama untuk membantu Anda untuk mencari tempat makan yang menyediakan makanan halal. Meskipun begitu, mencari restoran halal bukanlah satu-satunya fitur dari aplikasi ini. Ia juga memiliki fitur lain seperti penunjuk arah kiblat. Fitur terbaru yang ditambahkan ke dalam aplikasi ini adalah "Can you get to the Mosque". Fitur ini berfungsi untuk menunjukkan masjid terdekat dengan Anda. Ia juga akan memberitahu Anda apakah Anda dapat mencapai masjid tersebut saat tiba waktu salat.

Karena aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para pelancong muslim, ia juga dilengkapi dengan doa berpergian. Doa ini tersedia dalam teks Arab dengan terjemahan dalam bahasa Inggris. Doa ini juga tersedia dalam bentuk audio.

Aplikasi ini juga memiliki bagian Travel Etiquette - Etika Berpergian - yang pihak pengembang sebutkan akan terus ditambahkan sesuai dengan informasi terbaru. Aplikasi ini juga tersedia dalam bahasa Inggris, Arab, Bahasa Indonesia dan Malaysia.



3. Timers
Aplikasi ini sebenarnya bukanlah aplikasi khusus untuk Ramadan. Fungsi utamanya adalah untuk membantu penggunanya melakukan olahraga. Ia adalah interval timer yang dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menentukan berapa lama waktu yang ingin Anda alokasikan untuk melakukan kegiatan tertentu, seperti sit-up, push-up atau beristirahat. Aplikasi ini juga sudah dapat digunakan via Apple Watch, sehingga Anda tak akan menggantungkan diri pada iPhone Anda saat Anda berada di gym. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda hanya perlu membayar Rp59 ribu.



4. Monument Valley
Bagi yang Anda yang ingin menghabiskan waktu sambil bermain game, Apple juga memberikan beberapa rekomendasi game. Salah satunya adalah Monument Valley. Game seharga Rp45 ribu ini merupakan game yang berhasil mendapatkan gelar Apple Game of the Year dan Winner of Apple Design Award di tahun 2014.

Dalam game ini, tugas Anda adalah memanipulasi struktur bangunan di sekitar Anda dan memastikan karakter utama yang Anda mainkan, putri Ida, dapat melewati segala rintangan yang ada. Di sini, Anda akan melewati berbagai bangunan misterius dengan banyak jalan tersembunyi.



5. Alto's Adventure
Dalam game yang dihargai Rp23 ribu ini, Anda akan bertemu dengan Alto dan teman-temannya. Di sini, Anda akan menggunakan snowboard untuk menjelajah lembah-lembah bersalju menggunakan snowboard. Game ini memiliki grafik yang cantik meski sederhana. Dalam game ini, terdapat 6 karakter berbeda yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula. Jadi Anda dapat menyesuaikan karakter yang Anda gunakan dengan gaya Anda sendiri.




(ABE)