Paus Fransiskus I Keluar Vatikan untuk Misa Pagi

- 15 Maret 2013 00:33 wib
Reuters/vg
Reuters/vg

Metrotvnews.com, Vatikan: Paus Fransiskus I hampir 12 jam setelah terpilih, diam-diam meninggalkan Vatikan pada Kamis (14/3) dinihari. Ia berdoa bagi bimbingan di basilika Roma saat ia mencoba melepaskan Gereja Katolik dari intrik dan skandal, ke zaman baru kesederhanaan dan kerendahan hati.

Fransiskus ke Basilika Santa Maria Maggiore, gereja tertua di dunia, tempat ia berdoa di depan ikon terkenal Madonna, yang disebut Salus Populi Romani atau wanita pelindung rakyat Romawi.

"Ia berbicara kepada kami dengan hormat seperti ayah," kata Pastor Ludovico Melo, pendeta yang berdoa dengan Paus.

"Kami diberi tahu 10 menit sebelumnya bahwa Paus datang."

Selain sebagai Paus pertama asal Selatan Amerika dan yang pertama bukan orang Eropa dalam 1.300 tahun, Fransiskus I juga uskup Roma.

Paus Fransiskus I menegaskan akan mengambil bagian dari perannya dengan sungguh-sungguh, dan memenuhi janji dengan mengunjungi salah satu gereja paling penting di ibu kota itu.

Pada hari Kamis, ia akan pergi ke retret musim panas kepausan di kastil Gandolfo, selatan Roma, untuk menemui Paus Emeritus Benediktus XVI, yang pada bulan lalu menjadi Paus pertama mundur dalam 600 tahun dengan menyatakan terlalu lemah untuk mengatasi semua masalah dari 1,2 miliar jemaat.(Ant)

()

Menurut Suharso, Suryadharma Ali membangun asumsi sendiri seolah-olah langkah dia dengan sejumlah DPW…