Ada Tol Cipali, Beban Pantura Berkurang

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 19 Jun 2015 20:32 WIB
mudik lebaran 2015kemenpu ads
Ada Tol Cipali, Beban Pantura Berkurang
foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Metrotnews.com, Cirebon: Lama perjalanan para pemudik lebaran tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai tahun ini akan lebih singkat dari sebelumnya. Ini berkat keberadaan tol Cikopo-Palimanan yang memangkas waktu perjalanan melintasi lima kabupaten di utara Jawa Barat hingga dua jam.

Namun para pengguna jalur non-tol Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat juga mendapatkan berkah. Karena sebagian besar pemudik akan melaju di tol Cipali, maka beban kendaraan di jalur Pantura akan berkurang dan artinya perjalanan pun menjadi lebih lancar menyenangkan. 

“Saya perkirakan 70 persen pemudik lewat tol dan 30 persen jalan nasional," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W. Husaini saat meninjau Jalur Pantura.

"Tapi di Pamanukan dan Simpang Jomin masih padat, setelah itu lengang,” sambungnya.

Berkurangnya beban Jalur Pantura juga akan berlangsung setelah lebaran. Sebab armada truk logistik akan lebih memilih lewat Tol Cipali untuk memangkas waktu tempuh tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dan pabrik.

Artinya badan jalan Jalur Pantura akan lebih 'awet' dibanding sebelumnya. Dampaknya adalah efisiensi dana Rp 350 miliar per tahun untuk penanganan perbaikan dan perawatan 290 km ruas Jalur Pantura Jawa Barat. 

Di masa mendatang pekerjaan dapat difokuskan untuk pengerjaan-pengerjaan drainase. Termasuk saluran buangan dan irigasi.

“Ke depan bagian yang selama ini sulit ditangani, bisa kita selesaikan dan sisanya overlay yang tidak terlalu memakan biaya dan tidak mengganggu lalu lintas. Bagian tertentu yang pondasinya sudah terlanjur terganggu drainase juga bisa kita tuntaskan. Kita pastikan bahwa air yang masuk ke saluran samping itu terbuang cepat,” kata Hediyanto.
 


(LHE)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA