Sumedang Siap Gelar Empat Cabor PON XIX Jabar

Ismail    •    Jumat, 19 Jun 2015 21:16 WIB
pon 2016
Sumedang Siap Gelar Empat Cabor PON XIX Jabar
Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadisparpora) Sumedang Endah Kusyaman (Dok: MTVN/Ismail)

Metrotvnews.com, Sumedang: Sebagai salah satu kabupaten yang ditunjuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX oleh Pemerintah Provinsi Jabar untuk empat cabang olahraga (Cabor), yaitu paralayang, futsal, golf dan pencak silat, Pemkab Sumedang mulai berbenah mensukseskan PON XIX 2016 tersebut.

"Untuk kegiatan cabor paralayang itu akan dilaksanakan di Gunung Lingga, Batudua, Kecamatan Cisitu. Kemudian untuk futsal dan pencak silat akan dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor. Sementara untuk golf akan dilaksanakan di Bandung Giri Gahana (BBG) Golf Jatinangor," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadisparpora) Sumedang Endah Kusyaman kepada Metrotvnews.com.

Lanjut Endah, Pemkab Sumedang sangat serius mempersiapkan pelaksanaan PON XIX 2016. Salah satunya adalah dengan membenahi infrastruktur jalan menuju kawasan Batudua, kemudian pembangunan area take off, pembuatan gazebo, musala, dan prasarana lainnya yang menunjang kegiatan paralayang di Sumedang.

"Untuk anggaran pembangunan semua itu, Pemkab Sumedang menerima bantuan dana dari Provinsi Jawa Barat sebesar Rp3 miliar. Dan anggaran tersebut cair dua tahap, pertama cair tahun 2014 sebesar Rp500 juta dan telah dialokasikan untuk pembangunan aula di kawasan Gunung Lingga, dan untuk tahap dua Rp2,5 miliar yang akan cair pada bulan Juni ini," sebutnya.

Target PB PON Provinsi Jabar, venue paralayang rampung Desember 2015. Dan Pemkab Sumedang sangat optimistis target tersebut tercapai.

"Penyelenggaraan PON XIX tahun 2016 di Sumedang diharapkan bisa berjalan dengan sukses baik sukses dalam penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi dan sukses secara ekonomi," katanya.


(RIZ)