DPR Kekeuh Revisi UU KPK

Intan fauzi    •    Jumat, 19 Jun 2015 22:07 WIB
dpr
DPR <i>Kekeuh</i> Revisi UU KPK
Wakil Ketua DPR Fadli Zon--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR kekeuh tetap akan merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), meski Presiden Joko Widodo dengan tegas telah menolak rencana revisi tersebut.

"Kita kan mau mencari jalan terbaik dalam pemberantasan korupsi. Jadi saya kira masalah revisi UU KPK itu kan sudah pasti harus direvisi karena sudah masuk dalam prolegnas (program legislasi nasional) 2015," kata Wakil Ketua DPR, Fadli Zon di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (19/6/2015).

UU KPK, lanjut Fadli, akan semakin bagus jika segera direvisi mengingat DPR juga akan melakukan revisi terhadap Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). "Saya kira lebih cepat lebih bagus karena KUHP juga sudah masuk dari pemerintah," lanjutnya.

Politikus Partai Gerindra ini menilai revisi UU KPK sebagai langkah yang tepat untuk memperbaiki kekurangan KPK. Kekurangan tersebut, kata dia, menyebabkan lembaga antikorupsi ini tiga kali harus kalah dalam sidang praperadilan.

"Sudah tiga kali KPK dikalahkan dalam sidang praperadilan dengan masalah yang berbeda-beda, kurang dua alat bukti, kemudian masalah penyidik yang tidak legal, kan berbahaya, akan kalah terus KPK," tandas Fadli.

Revisi UU No. 30 Tahun 2002 tentang KPK masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2015 berdasarkan hasil rapat Badan Legislasi DPR dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Yasonna menilai revisi UU KPK perlu dimasukan dalam prolegnas prioritas 2015 lantaran aturan dapat menimbulkan masalah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dia menitikberatkan pada kewenangan penyadapan milik KPK.

"Perlu dilakukan peninjauan kembali seperti penyadapan yang tidak melanggar HAM, dibentuk dewan pengawas, pelaksanaan tugas pimpinan, dan sistem kolektif kolegial," kata Yasonna di Gedung DPR, Selasa 16 Juni.


(AZF)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA