Transaksi di Bandung Bakal Pakai Smart Card

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 20 Jun 2015 09:50 WIB
perbankan
Transaksi di Bandung Bakal Pakai <i>Smart Card</i>
Ilustrasi smart card. AFP PHOTO / PHILIPPE HUGUEN

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana menerapkan smart card untuk segala jenis transaksi di Kota Bandung. Hal itu bertujuan untuk menekan angka transaksi secara tunai di Bandung yang mencapai Rp7,7 triliun dalam triwulan pertama 2015.

Guna mewujudkan hal itu, pria yang akrab disapa Emil ini menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) menciptakan E-Card Smart sebagai pengganti uang untuk bertransaksi di Kota Bandung.

"Pemkot Bandung bekerja sama dengan BI kita akan memulai konsep penggunaan sistem pembayaran nontunai di segala bidang. Kita MoU dengan BI. Kita mulai dulu di segala urusan yang bisa ditangani oleh Pemkot yaitu urusan pembayaran dunia pendidikan, pembayaran di bidang PNS, kemudian pembayaran government to people seperti hibah," ujar Emil, kepada wartawan di halaman Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Jumat, 19 Juni 2015.

Emil pun berharap dengan kartu tersebut dapat mengubah gaya hidup di Kota Bandung. Selain itu, dengan menggunakan metode tersebut dapat mengurangi tindak kejahatan karena masyarakat kerap membawa uang tunai dengan jumlah yang tidak sedikit.

"Jadi dengan konsep nontunai diharapkan bisa mengalahkan perputaran transaksi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam waktu tiga tahun ke depan. Karena saat ini, transaksi lewat ATM sangat besar," imbuhnya.

Sementara itu, dipilihnya Kota Bandung sebagai kota percontohan dalam menggunakan sistem pembayaran dengan smart card ini. Karena Kota Bandung merupakan kota kedua dengan jumlah transaksi terbesar di Indonesia setelah Makassar.

"Bandung diharapkan oleh BI menjadi kota percontohan yang semua transaksinya tidak cash lagi termasuk bayar angkot, taksi dan lain-lain. Bandung ini kota kedua dengan transaksi terbesar setelah Makassar," pungkasnya.


(AHL)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

9 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA