Tolak Dana Aspirasi, Johnny: Fungsi DPR Terbatas

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 20 Jun 2015 10:54 WIB
dpr
Tolak Dana Aspirasi, Johnny: Fungsi DPR Terbatas
Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate/ANT/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi NasDem di DPR menolak keras wacana adanya dana aspirasi untuk anggota DPR. Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate menyebut, anggota DPR tak memerlukan dana aspirasi selama bisa menjelaskan kepada masyarakat soal fungsi masing-masing, apalagi ketika mereka mengunjungi dapil di masa reses.

"Memang saat reses rakyat sulit membedakan fungsi legislatif dan eksekutif," kata Johnny dalam diskusi Polemik Sindo di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6/2015).

Johnny menyadari, sebagian calon anggota DPR sering menjanjikan sejumlah hal termasuk program pembangunan kepada masyarakat. Namun, masyarakat harus tahu tugas wakil rakyat-nya.

"Perlu edukasi bagi masyarakat, bahwa DPR punya fungsi terbatas," tegas Johnny.

Ketika berkampanye, calon legislatif berkampanye akan memperjuangkan program. Namun pada akhirnya keputusan berada di tangan eksekutif, dalam hal ini pemerintah.

"Saat kampanye memperjuangkan program, eksekutif yang melaksanakan. Namun ada missing link, antara kampanye dan perjuangannya," tukas Johnny.

Di luar itu, jelas Jhonny, perencanaan pembangunan nasional mesti dilaksanakan baik agar kebutuhan masyarakat yan faktual dan berdampak luas secara eknomi dan sosial di dapil bisa disusun lebih matang.


(OJE)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

4 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA