Ada Pasar Klewer di Sentra Kelapa Gading

Nia Deviyana    •    Sabtu, 20 Jun 2015 11:11 WIB
wisatawan
Ada Pasar Klewer di Sentra Kelapa Gading
Foto: Soendari Soekotjo / Metrotvnews.com / Nia Deviyana

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar Klewer menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan yang ingin mencari aneka motif batik dan penganan khas Solo.

Namun, Anda harus meluangkan waktu yang cukup panjang untuk liburan, jika ingin menikmati sensasi belanja di tempat yang menjadi salah satu ikon kota Solo tersebut.

Bagi Anda yang sibuk, tak perlu kecewa. Anda juga bisa kok, menikmati suasana berbelanja di Pasar Klewer tanpa harus datang ke Solo. Caranya, datang saja ke Sentra Kelapa Gading.

Dalam rangka menyambut Ramadan, La Piazza, Summarecon Kelapa Gading Mal mengadakan festival kuliner yang dipadu dengan pameran aneka batik khas Solo, bertajuk "Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer" (Menunggu Buka Puasa di Pasar Klewer).

Festival ini, akan berlangsung selama dua pekan, yakni 19 Juni-5 Juli mendatang, tepatnya di area Multi Purpose Hall La Piazza. Tak tanggung-tanggung, pedagang batik yang didatangkan dalam festival ini  merupakan para pengrajin Solo yang biasa berdagang di Pasar Klewer.

"Hampir sebagian besar peserta festival kali ini merupakan pengusaha yang kami datangkan langsung dari tempat aslinya. Untuk panganan, kami ambil langsung dari beberapa tempat favorit kuliner di Kota Solo," ujar Liliawati Rahardjo, direktur Summarecon Mal dalam konferensi pers yang berlangsung Jumat malam, (19/6/2015).

Untuk kuliner, penyelenggara membuka 61 stan panganan khas Solo, beberapa diantaranya yang sudah tak asing seperti Martabak Kota Barat (Markobar), Srabi Solo Notosuman Nyonya Handayani berikut oleh-oleh, Jamu Arum Sari, Pukis Telur Kampung Asli dan Lekker Solo Sumber Rejeki, Nasi Liwet dan Ayam Goreng Kampung Solo Asli Nyonya Lany, Selat Segar Galantin, Nasi Langgi Solo, Bakso Pak Min Penumping Solo, Dawet Bu Dermi Pasar Gede Solo, serta Soto Ayam Lek Sri Asli Solo.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai atraksi hiburan sembari menikmati aneka kuliner. Beberapa kesenian dan seniman yang tampil, diantaranya Tari Bedoyo Kirono Ratih (Keraton Surakarta Hadiningrat), Sundari Soekotjo & Intan Soekotjo, Endah Laras, Campursari, Gamelan, Keroncong, Tarian Tradisional, dan Wayang Humanoid.

Sebelum datang, pastikan Anda telah mencatat waktu dibukanya stan makanan dan batik di festival tersebut:
Kuliner
Minggu-Jumat: Mulai pukul 16.00-23.00 WIB
Sabtu: Mulai Pukul 16.00-24.00 WIB.

Pameran dan Bazar Batik Klewer
Senin-Jumat: mulai pukul 12.00-22.00 WIB
Sabtu-Minggu: mulai pukul 11.00-23.00 WIB


(AWP)