Taksi Uber Dijerat Pasal Penipuan

Budi Ernanto    •    Sabtu, 20 Jun 2015 12:47 WIB
uber
Taksi Uber Dijerat Pasal Penipuan
Taksi Uber diamankan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 19 Juni 2015. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengelola Taksi Uber terancam kurungan penjara selama empat tahun. Pasalnya, ada dugaan tindak pidana penipuan karena menyediakan taksi yang tidak sesuai aturan hukum dan membuat kerugian bagi taksi yang legal.

“Pelayanan transportasi (Uber) tidak berbentuk taksi. Harusnya kan pakai nomor polisi berwarna kuning dan sesuai dengan ketentuan yang ada di Undang-Undang No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes M. Iqbal, Sabtu (20/6/2015).

Dari laporan bernomor 717/II/2015/PMJ/DITRESKRIMSUS tertanggal 24 Februari Uber juga dapat dijerat Pasal 28 ayat (1) UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik mengenai menyebarkan berita bohong yang mengakibatkan kerugian bagi konsumen.

Selain itu, ada juga Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 UU 8/2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang karena terkait segala bentuk kegiatan dan transaksi yang berhubungan dengan tindak pidana.

“Laporannya sudah lama, sejak Februari. Dilaporkan oleh Kepala Biro Hukum dan Perizinan Organda Jakarta Berman Limbong. Ia sudah dimintai keterangan. Saksi yang sudah dipanggil dari taksi legal,” terang Iqbal.

Seperti diketahui, lima unit Taksi Uber ditangkap oleh petugas gabungan dari Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan Organisasi Angkutan Darat DKI pada Jumat 19 Juni.

Penangkapan dilakukan beberapa petugas dengan cara menyamar sebagai calon penumpang yang memesan Taksi Uber malalui aplikasi yang tersedia di ponsel pintar. Mereka minta dijemput di beberapa titik di Jakarta Selatan, seperti di Blok M, Jalan Sudirman, dan Kuningan.

Kendaraan pun lalu diarahkan ke Polda Metro Jaya. Setibanya di lokasi, petugas langsung mengambil tindakan. Taksi Uber menggunakan kendaraan bernomor polisi warna hitam seperti mobil rental, tetapi menggunakan argo.



(TRK)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

3 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA