Dana Aspirasi Harusnya Jadi Kekhawatiran Parpol

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 20 Jun 2015 14:29 WIB
dpr
Dana Aspirasi Harusnya Jadi Kekhawatiran Parpol
Roy Salam/MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Dana aspirasi belakangan menjadi isu besar di dunia perpolitikan Indonesia. Mayoritas anggota DPR berkeras agar dana aspirasi senilai Rp20 miliar bisa segera cair.

Berbagai kecurigaan pun muncul. Bisa saja, dana aspirasi yang seharusnya untuk masyarakat ini dialihkan menjadi dana partai. Namun, juru bicara Komisi Kawal Anggaran Roy Salam justru memandang lain. Dana aspirasi justru bisa menjadi ancaman bagi partai politik.

"Nah yang perlu dilihat bahwa bagi kami membacanya, dana aspirasi ini seharusnya jadi kekhawatiran partai politik. Kenapa? Ini jadi ancaman dari anggota ke partai politik," kata Roy Salam di sela-sela diskusi Polemik Sindo di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6/2015).

Roy menjelaskan, akan timbul kepongahan dalam diri anggota dewan ketika ia melanggar aturan atau norma yang berlaku di internal partai. Sebab, anggota merasa berjasa di dapilnya dan tidak khawatir partai asalnya tidak mendukung lagi.

"Sebab kalau dipecat, pada saat Pemilu nanti dia akan dicari-cari. Partai lain akan ambil dia, karena sudah investasi di dapil. Ini ancaman juga bagi eksistensi partai. Ini akan melemahkan kontrol partai terhadap anggota. Ini akan buat anggota semangat lawan partai," ungkap Roy.

Roy menekankan, sejatinya dengan adanya dana tersebut akan merusak sistem yang telah berjalan. Baik sistem kepartaian maupun sistem Pemilu yang akan datang.


(OJE)