Ini Bahaya Pemakaian Lensa Kontak yang Salah

   •    Sabtu, 20 Jun 2015 14:51 WIB
kesehatan
Ini Bahaya Pemakaian Lensa Kontak yang Salah
Foto: medwesteye.com

Metrotvnews.com: Apakah Anda biasa menggunakan lensa kontak? Jika ya, Anda mungkin sudah tahu akan bahaya kesehatan jika tidak membersihkannya dengan benar.

Sebuah studi baru dari NYU Langone Medical Center menemukan orang-orang yang memakai lensa kontak memiliki berbagai jenis bakteri pada mata mereka daripada yang tidak menggunakannya, termasuk yang dihubungkan dengan ulkus mata.

Untuk penelitian kecil ini, peneliti mengambil 20 orang dari sembilan orang pemakai kontak lensa dan sebelas orang non-pengguna. Hasilnya, mereka yang memakai kontak lensa memiliki jumlah yang lebih banyak dari empat spesies yang dikaitkan dengan ulkus kornea yaitu Lactobacillus, Acinetobacter, Methylobacterium, dan Pseudomonas.

"Ada peningkatan prevalensi ulkus kornea setelah pengenalan lensa kontak lunak pada 1970-an," kata penulis studi Jack Dodick, MD, profesor ophthalmology di NYU Langone.

Menurutnya juga, organisme dapat berpindah dengan cepat jika kebersihan tangan buruk saat kulit menyentuh kelopak mata.

Jadi apa yang Anda lakukan untuk menjaga mata Anda dari infeksi?

Steven Shanbom, MD, seorang opthamologist di  Berkeley, Michigan, menjelaskan membersihkan tangan merupakan poin utama. Dia menyarankan untuk mencuci tangan Anda dengan sabun sebelum Anda memasang lensa. Kemudian, bersihkan lensa dari kotoran dan bakteri berbahaya dengan larutan pembersih. Gosok lembut dengan tangan Anda yang sudah bersih.

Selain itu, Steven juga menghimbau untuk memakai kaca mata saat berada di rumah dan memakai lensa kontak saat bekerja. Dia juga membatasi pemakai lensa kontak dengan 12 sampai 14 jam dalam sehari. Ini semua cara terbaik untuk menghindari mata merah dan sesuatu yang lebih parah.  (Sumarni / Huffington Post)


(AWP)