NasDem Bakal Bujuk Fraksi Lain Tolak Dana Aspirasi

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 20 Jun 2015 15:43 WIB
dpr
NasDem Bakal Bujuk Fraksi Lain Tolak Dana Aspirasi
Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate/ANT/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: NasDem menjadi partai yang pertama kali tegas menolak dana aspirasi sebesar Rp20 miliar peranggota DPR setiap tahunnya. Partai NasDem akan terus membujuk partai lain yang masih mendukung dana tersebut.

"Fraksi NasDem dan Hanura menolak. Ketua Umum DPP Partai Demokrat, nadanya juga menolak. Fraksi PAN berikan indikasi penolakan," kata Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate dalam diskusi Polemik Sindo di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6/2015).

"Kita harapkan fraksi lain diskusi banyak untuk memahami penolakan ini," imbuh dia.

Johnny mengatakan, pihaknya akan memberikan penjelasan terkait landasan penolakan kepada semua partai yang masih bersikeras terkait dana aspirasi. Dia menyebutkan, akan membujuk PDIP, Golkar, Gerindra, PAN, PKS, PPP, PKB dan Demorkat untuk menyampaikan sikap resmi penolakan.

Johnny menegaskan, pihaknya sepakat memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama di daerah pemilihan masing-masing. Akan tetapi, dia tidak setuju dengan DPR melalui Panja UP2DP terkait cara penyaluran aspirasi tersebut.

Dia menekankan, aspirasi harus dilakukan sesuai kerangka yang diatur. Yaitu, melalui Musrenbang yang sistematis. Di sini, celah DPR yang dibenarkan dalam memperjuangkan aspirasi dapil. Sehingga pemerintah dapat mengakomodir aspirasi hasil perjuangan anggota dewan.


(OJE)