Kisruh Kemenpora vs PSSI

Timnas Futsal Urung Bertanding di Kejuaraan AFF

Alfa Mandalika    •    Sabtu, 20 Jun 2015 18:03 WIB
kisruh pssi
Timnas Futsal Urung Bertanding di Kejuaraan AFF
Timnas Futsal Indonesia. (Foto: Metrotvnews.com/Alfa Mandalika)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabar kurang sedap tengah menghampiri Timnas Futsal Indonesia. Ya, tim polesan Dadang Iskandar itu dipastikan gagal bertanding di kejuaraan AFF Futsal Championship 2015 lantaran sanksi yang dijatuhkan FIFA sejak 30 Mei.

Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah melansir berita pada Sabtu 20 Juni yang memberitahukan posisi Indonesia yang di suspend oleh FIFA, maka timnas futsal Indonesia tidak bisa bergabung dengan 10 negara lainnya dalam ajang AFF Futsal Championship 2015.

"Awalnya, seharusnya ada 11 tim yang ambil bagian tetapi setelah Indonesia di suspensi oleh FIFA, maka sekarang hanya akan ada 10 tim yang berpartisipasi dalam ajang AFF Futsal Championship 2015," demikian pernyataan pihak AFF.

Dengan demikian, Yos Adi dan kawan-kawan harus menahan hasrat untuk bisa menunjukkan bakat terbaik mereka di ajang tersebut yang rencananya akan digelar pada 8 sampai 18 Oktober 2015 di Bangkok, Thailand.

Negara-negara Asia Tenggara sendiri mendapatkan jatah empat slot untuk bisa tampil di ajang AFC Futsal Championship 2016 di Uzbekistan setelah mengikuti kejuaraan AFF Futsal Championship 2015. Setiap wilayah (zona) berhak mendapatkan dua jatah tiket untuk bisa tampil di putaran final.

Thailand dan Australia yang berada diperingkat kelima dan keenam AFF Futsal Championship 2014 otomatis lolos. Sebelumnya, ada dua timnas yang tidak bisa mengikuti event internasional karena sanksi dari FIFA. Mereka adalah timnas senior yang tidak bisa mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia dan juga timnas usia muda (U-16 dan U-19) yang gagal menjadi tuan rumah di ajang AFF U-16 dan U-19 Championship 2015. (Ant)


(ASM)