DPR Dengar Banyak Masukan Jelang Uji Kepatutan dan Kelayakan KaBIN

M Rodhi Aulia    •    Minggu, 21 Jun 2015 04:59 WIB
bin
DPR Dengar Banyak Masukan Jelang Uji Kepatutan dan Kelayakan KaBIN
Ketua DPR Setya Novanto (kedua kiri). Foto:Antara/Hafidz Mubarak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Setya Novanto mengaku belum tahu detail waktu melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Letjen Purn TNI Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sebab, DPR tengah fokus mempelajari masukan yang ada dari berbagai pihak.

"Ini kita sedang bahas, karena ada beberapa masukan-masukan yang kita harus dengarkan juga," kata pria yang akrab disapa Setnov di sela-sela buka bersama, di Kantor DPP Partai NasDem,  Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6/2015).

Menurut Setnov, pimpinan DPR akan menggelar rapat tentang pengajuan Sutiyoso sebagai calon tunggal Kepala BIN. Hasil rapat itu akan dibacakan di forum paripurna dan disetor ke Badan Musyawarah.

Selanjutnya, akan dilakukan uji kelayakan di komisi I sebagai mitra kerja BIN dan terakhir puncaknya di sidang paripurna persetujuan dan penetapan DPR atas nama yang sudah diajukan.

Sutiyoso telah siap menghadapi serangkaian uji kelayakan dan kepatutan tersebut. Dia juga mengaku siap dicecar terkait peristiwa Kudatuli. Banyak pihak menduga dirinya terlibat dalam peristiwa yang dianggap melanggar HAM.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, juga sudah mundur dari jabatan politiknya dari Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Jabatan itu diserahkan kepada Mantan Bupati Kutai Timur Isran Noor. Bahkan, hingga Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)-nya sudah siap.



(DRI)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA