Kerbau Pusaka Keraton Kasunanan Surakarta Mati

Pythag Kurniati    •    Minggu, 21 Jun 2015 09:09 WIB
ramadan 2015
Kerbau Pusaka Keraton Kasunanan Surakarta Mati
Foto: Kerbau Juki keturunan Kiai Slamet mati setelah sakit/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Seekor kerbau bernama Juki yang diyakini merupakan keturunan Kiai Slamet mati di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/6/2015). Kerbau pusaka Keraton Kasunanan Surakarta itu mati pukul 11.00 WIB.

Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, KPA Winarnokusumo mengatakan Juki tewas karena sakit. Kerbau 'bule' itu lahir pada 12 Juni 2009.

"Sudah semenjak setengah bulan yang lalu (sakit). Namun saya sendiri belum bertemu dokter yang mengobatinya. Kemungkinan semacam panas dalam dan tak mau makan," kata KPA Winarnokusumo saat ditemui Metrotvnews.com, di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/6/2015).

Setidaknya butuh tenaga 10 orang untuk menguburkan kerbau berusia 6 tahun itu. Dengan tewasnya Juki, kerbau pusaka Keraton Kasunanan Surakarta tinggal 9 ekor.

Secara singkat, KPA Winarnokusumo menceritakan asal kerbau Kiai Slamet itu. Pada masa pemerintahan Raja Kasunanan Surakarta, Pakubuwana X sering diadakan ritual kirab benda pusaka bernama Kiai Slamet, setiap Selasa Kliwon. Saat kirab itu, beberapa kerbau selalu mengikuti dari belakang. Sejak saat itu, masyarakat memanggil kerbau itu dengan sebutan kerbau Kiai Slamet. Kerbau Kiai Slamet juga dikirab setiap malam 1 Suro.


(TTD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA