IDC: Permintaan Wearable Device Terus Meningkat Pesat

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 21 Jun 2015 12:55 WIB
teknologi
IDC: Permintaan Wearable Device Terus Meningkat Pesat
Perkembangan virtual reality juga memicu permintaan wearable device (foto: Ubergizmo)

Metrotvnews.com: Hingga saat ini, Apple dilaporkan telah berhasil menjual 2,8 juta Apple Watch. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari jumlah penjualan seluruh Android Wear di tahun 2014 kemarin. Permintaan akan wearable device memang tengah meningkat pesat. Menurut IDC, penjualan wearable device akan mencapai angka 72,1 juta unit di tahun 2015.

Angka tersebut menggambarkan peningkatan yang sangat signifikan jika dibandingkan tahun 2014 kemarin yang hanya mencapai 26,4 juta unit. Peningkatan sebanyak 173,3 persen tersebut meliputi penjualan dari berbagai jenis wearable device, seperti jam pintar (smartwatch), fitness tracker, hingga perangkat virtual reality seperti Oculus Rift dan Microsoft HoloLens.

Menurut Jitesh Ubrani, senior research analyst untuk Worldwide Mobile Device Trackers, peningkatan wearable device pada lini perangkat yang tidak menjalankan aplikasi pihak ketiga seperti perangkat basic wearable adalah penyumbang utama dari peningkatan penjualan dari keseluruhan perangkat wearable device. Vendor seperti Xiaomi dan Fitbit membantu mendongkrak pasar berkat berbagai produk mereka yang hadir dengan harga terjangkau. IDC pun memprediksi bahwa momentum tersebut akan terus berlanjut selama tahun 2015.

Tidak hanya itu, IDC juga mengatakan bahwa kehadiran perangkat virtual reality seperti Oculus Rift dan Microsoft HoloLens juga akan mengubah standardisasi penggunaan komputer ke depannya. Efek perubahan dan peningkatan permintaan akan wearable device diperkirakan akan semakin terasa di tahun 2016 mendatang. (Ubergizmo)


(ABE)