Tips & Trik

Tiga Cara Hapus Kontak Ganda di Ponsel Android Anda

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 21 Jun 2015 13:42 WIB
tips & trik
Tiga Cara Hapus Kontak Ganda di Ponsel Android Anda
Salah satu cara menghapus kontak ganda adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga

Metrotvnews.com: Setelah melakukan factory reset dan sinkronisasi kontak dengan akun Google, seringkali Anda lupa bahwa masih ada kontak lama yang tersimpan di dalam ponsel Android Anda. Akhirnya, banyak di antaranya yang menjadi dobel atau terjadi duplikasi kontak. Menghapus kontak tersebut memang mudah, namun melakukannya membutuhkan waktu, apalagi jika Anda memiliki ribuan kontak di ponsel Anda.

Jika Anda tengah atau sering mengalami hal tersebut, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa metode untuk menghapus kontak ganda pada ponsel Android Anda secara otomatis. Dengan beberapa langkah saja, seluruh kontak ganda Anda akan dihilangkan dari ponsel Android Anda. Berikut adalah tiga metode yang dapat ditempuh untuk menghapus kontak ganda pada ponsel Android Anda:

Metode 1: Menggunakan Aplikasi Contacts Bawaan
Sebelum menggunakan metode yang lebih rumit, ada baiknya jika Anda menggunakan fitur merge accounts yang telah tersedia di aplikasi contacts bawaan yang hadir di sebagian besar ponsel Android. Untuk menggunakannya, tekan tombol menu dan pilih "Merge Accounts", lalu pilih "Merge From Google". Selanjutnya, tekan tombol "Next" lalu "OK" dan seluruh kontak ganda Anda akan hilang secara otomatis.



Metode 2: Menggunakan Gmail
Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur merge accounts, Anda dapat mencoba metode kedua ini sebagai alternatif. Untuk menghapus kontak ganda dengan menggunakan Gmail, cukup buka akun Gmail Anda dari PC, lalu pilih menu "Contacts" dari menu Gmail yang ada di sebelah kiri. Dari sana pilih menu "More" dan pilih "Find & Merge Duplicates". Setelah itu, pilih kontak yang akan digabungkan dan klik tombol "Merge" untuk menghapus kontak ganda Anda. Perlu diingat bahwa metode ini hanya akan berfungsi bila Anda melakukan sinkronisasi kontak dengan akun Google Anda.



Metode 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Jika Anda merasa bahwa kedua metode di atas tidak memungkinkan, Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi Android untuk menghapus kontak duplikat di ponsel Anda. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Duplicate Contacts yang tersedia gratis di Google Play Store. Yang Anda lakukan adalah cukup dengan mengunduh dan meng-install aplikasi tersebut, dan jalankan dari ponsel Anda. Aplikasi akan memindai ponsel Anda dan mencari kontak ganda yang ada, setelah itu Anda dapat menghapusnya satu-persatu atau seluruhnya secara langsung. (Ubergizmo)




(ABE)