Kemendag-Artha Graha Peduli Luncurkan Operasi Pasar Daging-Beras

Surya Perkasa    •    Minggu, 21 Jun 2015 11:33 WIB
operasi pasar
Kemendag-Artha Graha Peduli Luncurkan Operasi Pasar Daging-Beras
Ilustrasi (MI/SAFIR MAKKI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan operasi pasar daging dan beras bersama Artha Graha Peduli. Peluncuran operasi pasar murah ini dilakukan di puluhan titik selama bulan Ramadan.

Dalam peluncuran operasi pasar, hadir Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel untuk membuka peluncuran program pasar murah ini.

"Program ini patut sangat diapresiasi. Walaupun harga kebutuhan pokok saat ini cenderung stabil, tapi program ini sangat membantu masyarakat," ujar Rachmat, dalam peluncuran di Program Operasi Pasar dan Pasar Murah, di Kementerian Perdagangan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (21/06/2015).

Program ini berlangsung selama 16 Juni hingga 16 Juli 2015. Sebanyak 153 titik di Jabodetabek menjadi sasaran program kerja sama yang terselenggara antara Kemendag dan Artha Graha peduli ini. Barang yang didistribusikan berupa beras kualitas medium kelas satu dengan harga Rp9000 per kilogram (kg). Sedangkan harga daging beku yang dijual seharga Rp70 ribu per kg.

"Kami berusaha menstimulasi tingkat harga yang terjangkau bagi masyarakat namun tidak menekan peternak sapi lokal, harus win-win," kata Koordinator Operasi Pasar Daging dan Beras Arus Graha Peduli Arfiano Sahar.

Program hari ini menyasar 15 lokasi di ibu kota. Operasi dijalankan di empat pasar, yakni Pasar Pademangan Barat, Pasar Kampung Ambon, Pasar Perumnas Klender dan Pasar Cipete.

Selain pasar, operasi juga langsung menyasar lingkungan masyarakat ekonomi menengah ke bawah di 10 titik. Sepuluh kelurahan di Jabodetabek yang menjadi sasaran antara lain: Kelurahan Jati Padang, Kelurahan Cakung Timur, Kelurahan Baru, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kelurahan Ampera, Kelurahan Pejaten, Kelurahan Salemba, Kelurahan Daan Mogot, dan Kelurahan Margo City

Selain itu, program operasi pasar juga dilakukan di pelataran parkir Kemendag. Operasi di Kemendag ini diadakan untuk membantu masyarakat di sekitar kementerian. Diharapkan, program ini dapat berjalan secara maksimal dan membantu menekan harga pasar yang diprediksi naik.


(ABD)