REI Sambut Baik Revisi LTV

Angga Bratadharma    •    Minggu, 21 Jun 2015 12:05 WIB
properti
REI Sambut Baik Revisi LTV
Ilustrasi (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Real Estate Indonesia (RE) menyambut baik kebijakan Bank Indonesia (BI) yang akan merevisi aturan loan to value (LTV) mengenai penetapan uang muka atau down payment (DP) bagi kredit pemilikan rumah (KPR).

Ketua REI Eddy Hussy mengatakan, rencana BI yang akan merevisi aturan LTV memiliki dampak bagi pertumbuhan industri properti di Indonesia. Hal ini menjadi penting mengingat kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia masih sangat besar.

Meski memberikan dampak positif, namun Eddy belum bisa memprediksi revisi DP untuk rumah bakal mendukung pertumbuhan industri properti sampai di level berapa. Dirinya hanya berharap agar pertumbuhannya bisa lebih baik bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saya belum bisa prediksi. Hanya saja dengan  kondisi sekarang sangat baik ada kebijakan evaluasi DP itu. Tentu kita berharap. Tumbuh 20 persen Insya Allah (bisa terjadi)," ungkap Eddy, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Minggu (21/6/2015).

Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo mengaku telah menandatangani revisi aturan yang memberikan pelonggaran mengenai LTV. Kebijakan itu merupakan upaya BI meningkatkan konsumsi di bidang properti dan kendaraan bermotor.

"Kebijakan yang BI dorong adalah kebijakan makroprudensial. Kebijakan makroprudensial untuk LTV, baik properti atau kendaraan bermotor maupun mobil sudah saya tandatangani," pungkas Agus.


(ABD)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

9 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA