Seniman Betawi: Ondel-ondel Bisa Mati Suri

Aulia I. Salam    •    Minggu, 21 Jun 2015 12:17 WIB
jakarta
Seniman Betawi: Ondel-ondel Bisa Mati Suri

Metrotvnews.com, Depok: Ingat ondel-ondel, ingat Jakarta. Pasangan 'abang dan none' yang bertubuh tinggi dan besar ini cukup mudah kita temukan di pelosok Jakarta. 

Terutama pada hari-hari menjelang ulang tahun Jakarta, ondel-ondel ada di hampir setiap pertokoan, hotel dan perkantoran. Sebagai hiasan untuk diajak berfoto bersama oleh menghibur para tamu.

Bila tidak sedang sibuk menjadi hiasan penghibur maka ondel-ondel berkeliling dari kampung ke kampung untuk mengamen. Kondisi yang disayangkan sebab menandakan minimnya pembinaan.

Seperti keluhan Mpok Ida (48), pemilik sanggar kesenian Betawi di Kebagusan, Jakarta Selatan. Di hari jadi ke-488 Jakarta seperti sekarang, bahkan lebih sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saya harap Pemda DKI Jakarta lebih memmperhatikan kebudayaan Betawi terutama ondel-ondel," ujarnya.

Meski usaha yang diwarisi dari almarhum orangtuanya tersebut mencantumkan kata 'sanggar',tapi lebih banyak menyewakan jasa ondel-ondel ke perkantoran dan pertokoan.

"Seniman Betawi perlu pembinaan, perlu bantuan modal usaha," sambungnya.

Harapan adanya pembinaan dan bantuan modal usaha juga disampaikan Bang Ali, seorang pembuat ondel-ondel. Dia sangat prihatin melihat seniman ondel-ondel, seperti para seniman kesenian tradisional lainnya, terpaksa hidup di jalanan.

"Gue mah kagak minta macem-macem dah, yang penting Pemda jangan ngelupain budaya asli Betawi. Sebab bisa-bisa suri ini", ungkap laki-laki yang mempunyai aksen khas Betawi itu.
 


(LHE)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

55 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA