Menteri Yohana Jenguk Anak Papua Korban Penganiayaan

Ricardo Hutahaean    •    Minggu, 21 Jun 2015 17:42 WIB
kekerasan anak
Menteri Yohana Jenguk Anak Papua Korban Penganiayaan
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise (kiri). Foto: Antara/Wira Suryantala

Metrotvnews.com, Jayapura: Syawal, 6 tahun, bocah korban penganiayaan orang tuanya sendiri mendapat kunjungan istimewa dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, Minggu (21/6/2015). Yohana berjanji memantau kondisi Syawal yang kini terus membaik.

Kedatangan Yohana membuat Syawal girang. Maklum, sejak 16 Juni lalu jarang ada kunjungan selain dua orang polisi yang terus menjaganya.

Terlihat kemajuan pemulihan psikologis maupun fisik Syawal karena sudah bisa berinteraksi dengan menteri.

Yohana berjanji akan menjamin kelangsungan hidup Syawal beserta tiga saudaranya. "Jika tidak ada yang mengasuh, maka negara siap membawanya ke panti asuhan," kata Yohana.

Yohana juga minta polisi untuk mengusut dugaan pelecehan seksual yang dilakukan ayah Syawal terhadap kakaknya, Devianti. 

Dokter spesialis mental anak RSUD Dok 2 Jayapura, Bernard Manoe, melihat kondisi fisik Syawal sudah membaik. "Namun, untuk mental dan kejiwaan mengalami penurunan sehingga perlu dirawat agar mentalnya kembali pulih seperti anak normal lainnya," kata dia.

Syawal diketahui kerap mendapatkan penganiayaan dari orang tua kandungnya sejak Selasa, 16 Juni, di daerah padat penduduk di Klofkam Gurabesi, Kota Jayapura, Papua. Dia dianiaya hanya karena sering buang air besar dan kecil sembarangan.

Kini kedua orang tua Syawal sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman penjara 10 tahun karena diduga melanggar UU Perlindungan Anak.


(UWA)