Butuh Rp129 Miliar Perbaiki Talang Air Poncol di Brebes

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 21 Jun 2015 19:56 WIB
irigasi
Butuh Rp129 Miliar Perbaiki Talang Air Poncol di Brebes
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (batik coklat) saat meninjau Talang Air Poncol yang bocor. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro

Metrotvnews.com, Brebes: Pemerintah pusat mengalokasikan Rp129,6 miliar untuk perbaikan Talang Air Poncol, di Desa kedungbokor Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Pembangunan dilaksanakan selama 780 hari kalender dan diperkirakan rampung pada 2016.

Sejak dibangun masa penjajahan Belanda pada 1893 silam, talang irigasi ini digunakan untuk jembatan jalan raya. Namun, setelah dibangun jembatan jalan raya oleh Bina Marga pada 2000, talang air murni digunakan sebagai talang irigasi.

Talang air yang melintas di atas Sungai Pemali tersebut saat ini mengalami kerusakan di bagian tengah. Akibatnya, dari 21.895 meter kubik per detik yang mengalir hilang separuhnya sebanyak 12.000 meter kubik per detik. Air mengalir jatuh ke aliran sungai pemali yang berada tepat di bawahnya.

“Karena kebocoran ini aliran air menjadi hanya 9 ribu. meter kubik per detik. Padahal, talang air ini mengairi area sawah seluas 17 ribu hektare. Sehingga, sebagian wilayah mengalami masa tanam yang bergeser akibat banyak air yang hilang,” kata Kepala Dinas Pengairan, Energi dan Sumber Daya Air Kabupaten Brebes, Slamet Riyadi, saat dihubungi Metrotvnews.com, Minggu (21/6/2015).

Sampai akhir Maret 2014, pekerjaan sudah mencapai 10 persen. Posisi talang usai perbaikan nantinya tidak akan lurus seperti saat ini, melainkan melengkung. Kerusakan pilar air terjadi akibat gerusan pada bagian bawah pilar talang.

Talang Poncol masuk dalam jaringan irigasi Pemali. Talang ini mengairi areal pertanian seluas 17.596 hektare. Pekerjaan rehabilitasi dilaksanakan oleh PT Bumi Karsa bekerja sama dengan PT Basuki Rahmanta Putra.

Sedikitnya 25 ribu hektare areal pertanian terpaksa harus menerima suplai air dari Bendung Notog, Kecamatan songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, secara bergilir. Pasalnya, bendung yang belum pernah dilakukan perbaikan sejak dibangun pada masa pemerintahan Belanda itu, mengalami kebocoran di area Talang Poncol.

Areal persawahan seluas kurang lebih 25 hektare tersebut tersebar di enam kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes. Yaitu, Kecamatan Larangan, Songgom, Jatibarang, Brebes, Wanasari dan Bulakamba.


(UWA)