Pusara Mumi Anjing Berusia 8 Juta Tahun Ditemukan di Mesir

Meilikhah    •    Minggu, 21 Jun 2015 22:08 WIB
dunia
Pusara Mumi Anjing Berusia 8 Juta Tahun Ditemukan di Mesir
Kapsul katakombe yang berisi mumi anjing. (Al Arabiya)

Metrotvnews.com, Mesir: Arkeolog berhasil menggali pusara mumi anjing di zaman Mesir Kuno yang berusia hampir delapan juta tahun dari sebuah kuburan massal di Saqqara, Mesir.

Studi yang dilansir dari Discovery News melalui Al Arabiya mengatakan temuan itu menunjukan bahwa orang Mesir kuno mungkin memiliki dewa hewan dan penyembah anubis yang diwujudkan dalam bentuk anjing sebagai ungkapan syukur.

Penemuan kuburan abad 19 di Saqqara itu terdapat di tanah pemakaman kuno besar di Mesir dekat dengan Piramida Giza. Namun hanya sisa-sisa mumi anjing saja yang bisa digali dan dihitung.

"Ini akan menjadi tempat yang sibuk. Sebuah komunitas permanen orang hidup yang ada didukung oleh kultus hewan," ujar profesor yang juga arkeolog dari Cardiff University Inggris, Paul Nicholson, Minggu (21/6/2015).

Kapsul-kapsul mumi yang disebut katakombe itu juga berisi fosil raksasa hewan laut kuno, vertebrata laut berusia lebih dari 48 juta tahun. Belum diketahui apakah Mesir kuno mengetahui keberadaan fosil-fosil ini ketika membuat makam untuk mumi-mumi anjing tersebut.


(MEL)