Taylor Swift Layangkan Protes kepada Apple Music

Agustinus Shindu Alpito    •    Senin, 22 Jun 2015 09:01 WIB
taylor swift
Taylor Swift Layangkan Protes kepada Apple Music
Taylor Swift (Foto:Reuters)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Taylor Swift menunjukkan sikap sebagai salah satu musisi yang kritis terhadap industri musik.

Setelah melawan Spotify karena pembagian royalti yang dirasa merugikan musisi, kini pemilik album 1989 itu melayangkan protes kepada perusahaan Apple.

Apple baru saja meluncurkan produk aplikasi terbaru, Apple Music, pada 30 Juni. Apple Music menawarkan publik layanan streaming musik dan video dengan sistem berbayar.

Namun, oleh Taylor layanan itu disebut sebagai sesuatu yang mengecewakan dan tidak adil. Dia menyatakan, tidak akan hadir dalam Apple Music.

Melalui Tumblr, pelantun Style itu menulis surat terbuka untuk Apple, pada Minggu, 21 Juni.

"Saya menulis ini untuk menjelaskan mengapa saya memboikot album saya, 1989, kepada penyedia layanan streaming musik yang baru, Apple Music," ujar Taylor mengawali suratnya.

Lebih lanjut, penyanyi yang sedang menjadi sorotan itu menjelaskan kegusarannya akan sistem berlangganan gratis pada tiga bulan pertama bagi pengguna baru Apple Music.

"Saya tidak yakin Apple Music akan membayar penulis lagu, produser atau artis pada tiga bulan pertama. Saya terkejut mengetahuinya, kecewa dan benar-benar tidak suka kemajuan bersejarah (dari) dan perusahaan murah hati," papar Taylor yang terdengar sarkasme.

Dalam surat berisi tujuh paragraf itu, secara sopan Taylor memberikan rasa hormat terhadap perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu. Semata untuk memberi kesan bahwa dirinya mengkritik dengan alasan yang dirasanya membela kaum musisi, tanpa mencela Apple tanpa dasar.

"Saya mengungkapkan ini dengan cinta, hormat, dan kekaguman dengan segala sesuatu yang Apple telah lakukan. Saya berharap secepatnya bisa bergabung dengan mereka yang memberi kemajuan dalam model streaming, yang akan adil untuk pencipta musik. Saya rasa ini bisa jadi platform yang benar," sebut dia.

"Kami tidak meminta kepada Anda iPhone gratis. Tolong jangan meminta musik kami tanpa kompensasi yang jelas," tegasnya.


(ROS)