Junk Food Dapat Merusak Memori?

   •    Senin, 22 Jun 2015 09:42 WIB
kesehatan
<i>Junk Food</i> Dapat Merusak Memori?
Makanan siap saji bisa merusak memori. (foto:cathe.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Waspadalah saat mengonsumsi makanan siap saji alias junk food. Ternyata, studi menunjukkan sering mengonsumsi junk food bisa berdampak buruk bagi pikiran Anda. Tim peneliti di Amerika Serikat telah menemukan bahwa lemak trans yang ada pada makanan olahan dikaitkan dengan hilangnya memori pada pria.

Asam lemak trans biasanya digunakan untuk meningkatkan rasa dan tekstur pada makanan. Hal ini sudah diketahui dengan jelas bagaimana dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Penelitian baru menemukan bahwa mengonsumsi sejumlah besar dari lemak trans menyebabkan menurunnya memori pada pria berusia 45 tahun bahkan mungkin lebih muda.

Dr Beatrice Golomb, Pemimpin peneliti di San Diego, mengatakan bahwa buruknya memori yang diakibatkan lemak trans yaitu jika memakan secara berlebihan. 

"Konsumsi lemak trans yang sebelumnya memang telah menunjukkan asosiasi negatif terhadap perilaku dan suasana hati," lanjutnya.

Penelitian ini menganalisa data dari 1.018 pria dan wanita yang diminta untuk mengisi kuesioner tentang memori kata ingat dan diet. Hasilnya, secara statistiik para pria yang berusia kurang dari 45 tahun kinerja mereka berkurang sekitar 0,76 kata saat mereka mengonsumsi setiap gram tambahan lemak trans. 

Pengumuman baru dari Amerika Serikat menyatakan dalam jangka waktu tiga tahun sebagian besar lemak trans akan dihapus dari makanan di negaranya. Langkah ini digunakan untuk mencegah serangan jantung setiap tahunnya.

Penelitian sebelumnya oleh tim yang sama menemukan orang yang makan dengan tingkat yang lebih tinggi dari lemak cenderung akan lebih agresif. Selain itu, studi AS menemukan lemak trans dapat mengubah bagaimana mengatur suatu perasaan. Mereka yang makan lebih banyak akan memiliki kesadaran yang kurang atas kontrol emosi mereka. (Sumarni/Dailymail)


(LOV)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA