Perkuat Stok Mogas, Pertamina Bangun TBBM Tanjung Uban

Annisa ayu artanti    •    Senin, 22 Jun 2015 10:24 WIB
pertamina
Perkuat Stok Mogas, Pertamina Bangun TBBM Tanjung Uban
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengeluarkan dana investasi sebesar USD62 juta untuk pembangunan Terminal BBM (TBBM) di Tanjung Uban sebagai upaya untuk mendukung ketahanan stok mogas (bensin) atau premium nasional.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, total investasi yang diperlukan hingga proyek tersebut tuntas sebesar USD62 juta. Direncanakan, TBBM Tanjung Uban akan selesai pada Juni 2016.

"Jika memungkinkan akan lebih cepat lagi (pembangunannya)," ujar Dwi, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Dwi menjelaskan, untuk TBBM Tanjung Uban, Pertamina membangun tanki timbun dengan kapasitas sebesar 200.000 kiloliter (kl) lengkap dengan Terminal Automation System dan dermaga baru berkapasitas LR 100 ribu DWT.

"TBBM Tanjung Uban juga dilengkapi dengan fasilitas blending mogas yang dapat meningkatkan fleksibilitas pembelian impor produk premium atau HOMC 92 dan Naphta," tambah dia.

Rencananya, lanjut Dwi, adanya TBBM Tanjung Uban akan menjadi Super Terminal Mogas untuk mendukung ketahanan stok mogas atau premium nasional.

"Keberadaan TBBM Tanjung Uban dengan fasilitas blending, juga dapat mengurangi pembelian impor secara spot dan memberikan fleksibilitas impor produk dengan memanfaatkan kelebihan naphta dari kilang," tutup dia.


(ABD)