Kenapa Menangis Baik untuk Tubuh Anda?

   •    Senin, 22 Jun 2015 11:23 WIB
kesehatan
Kenapa Menangis Baik untuk Tubuh Anda?
Menangis sangat baik bagi tubuh Anda. (Foto:mindbodygreen.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi beberapa orang khususnya pria, menangis mungkin menjadi hal yang memalukan. Maka tak heran banyak dari mereka rela menahan sakit ketimbang harus menangis apalagi di depan umum. 

Namun, tahukah Anda jika menangis ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat dari menangis.

Menghilangkan stres

Menangis adalah cara sehat untuk mengurangi stres dan membuat Anda merasa lebih baik. Ketika Anda mengalami stres dan menahan untuk menangis, ini akan berpengaruh negatif untuk tubuh, seperti meningkatkan risiko kardiovaskuler dan gangguan yang berhubungan dengan stres.

Menurunkan tekanan darah

Pelepasan emosi yang terjebak melalui menangis membuat orang merasa lebih baik. Kondisi ini tentu saja dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Menangis juga membantu dalam mengurangi denyut nadi yang tak beraturan. 

Menghapus racun

Ketika seseorang menangis, mereka pasti akan mengeluarkan air mata yang umumnya mengandung banyak bahan kimia beracun. Racun tersebut dikeluarkan bersamaan dengan air mata yang keluar saat seseorang menangis.

Mengurangi mangan

Menangis juga mengurangi tingkat mangan dalam tubuh, yakni mineral yang mempengaruhi suasana hati dan ditemukan pada 30 kali konsentrasi yang lebih besar dibandingkan serum darah. Artinya, menangis akan membuat mood Anda lebih baik dan suasana hati menjadi lebih positif.

Jadi, jika Anda merasa ingin menangis, menangislah. Anda tak perlu ragu untuk mengeluarkannya karena alasan malu atau ingin terlihat tegar. Jika Anda malu dilihat orang, pergi dan cari tempat yang aman untuk meluapkan emosi Anda. (Ningtriasih/Care2)


(LOV)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

48 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA