Menlu: Indonesia Tidak Pernah Larang Pers Asing ke Papua

Surya Perkasa    •    Senin, 22 Jun 2015 12:06 WIB
papua
Menlu: Indonesia Tidak Pernah Larang Pers Asing ke Papua
Menlu RI Retno Marsudi. AFP / ROMEO GACAD

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan rapat kerja dengan Komisi I DPR terkait Papua. Salah satu yang menjadi sorotan publik yakni pembukaan keran masuk bagi insan pers internasional.

Namun Menlu meluruskan, Papua selama ini tidak pernah tertutup kepada media asing.

"Pemerintah tidak pernah melarang kunjungan pers asing atau kunjungan orang asing ke Papua. Tidak pernah ada larangan itu," tegas Menteri Retno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Buktinya pada 2014, ada 22 kunjungan asing ke yang disetujui Kemenli. Pemerintah Indonesia tidak menutup keran masuk bagi pers atau warga asing jika bukan masalah persyaratan dan keamanan.

"Praktis memang tidak ada penolakan. Kecuali memang syarat administratif yang kurang, dan mungkin bila kondisi keamanannya tidak memungkinkan atau kurang kondusif," jelas mantan Duta Besar Belanda ini.

Dia tidak bisa mengatakan pernyataan dan arahan Presiden tentang Papua dapat berdampak buruk terhadap keamanan di daerah ujung Indonesia itu. Namun, pernyataan presiden yang membuka Papua bagi pers asing ini disambut baik masyarakat Internasional.

"Setelah ada arahan baru dari presiden, disambut baik oleh dunia internasional," pungkas dia.


(WIL)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA