Bank Dunia Kucuri USD55 Juta untuk Palestina

Antara    •    Senin, 22 Jun 2015 12:22 WIB
bank dunia
Bank Dunia Kucuri USD55 Juta untuk Palestina
Bank Dunia -- FOTO: Cairo Post

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Gubernur Bank Dunia menyetujui transfer dana sebesar USD55 juta guna menambah Dana Perwalian untuk Gaza dan Tepi Barat, Palestina, yang sejak 1993 telah dikucurkan dana oleh Bank Dunia hingga total mencapai sekitar USD970 juta.

"Dalam lingkungan yang sangat tidak mudah diprediksi, memperkuat kelembagaan untuk membangun fondasi pemerintahan Palestina yang kuat dan memperbaiki layanan publik adalah pusat dari program Bank Dunia," kata Direktur Negara Bank Dunia Steen Lau Jorgensen, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Dana yang baru dikucurkan tersebut direncanakan bakal digunakan untuk mendukung investasi dalam layanan pemerintahan daerah, air dan sanitasi, energi, serta proteksi sosial, kesehatan dan pendidikan.

Bantuan pembangunan untuk Palestina itu diharapkan dalam jangka pendek bermanfaat untuk menyeimbangkan aktivitas stabilisasi dan rekonstruksi, dengan operasi dan analisis yang mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan.

Bank Dunia juga akan mempertahankan dialog dengan otoritas Palestina dan lembaga donor guna membangun kesempatan jangka pendek untuk melepaskan jiwa kewirausahaan Palestina yang dinilai merupakan mesin bagi pertumbuhan yang berkeadilan sosial.


(ABD)