BEI Luncurkan Laporan Emiten Berstandar Global

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 22 Jun 2015 12:28 WIB
bei
BEI Luncurkan Laporan Emiten Berstandar Global
iilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan laporan kinerja emiten yang menggunakan Extensible Business Reporting Language (XBRL). Dengan sistem pelaporan informasi ini emiten bakal menyajikan laporan keuangan dengan standar global.

"Dengan XBRL ini informasi bisnis yang akurat dapat didistribusikan lebih efisien lewat internet. Terutama layanan emiten kepada investor yang ada di seluruh dunia," ucap Direktur Utama BEI Ito Warsito, ketika ditemui di 
Gedung BEI, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Ito mengaku, pengembangannya sudah dilakukan semenjak 2013, tapi proses pemberlakuannya untuk laporan keuangan dilakukan pada Juni tahun ini. Sifatnya pun tidak wajib dan kembali lagi kepada emiten masing-
masing di bursa.

Jenis laporan XBRL memiliki format laporan posisi keuangan, laba rugi, ekuitas dan arus kas. Sistem XBRL ini pun terintegrasi dengan pelaporan internet yang ada di IDXnet.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pengawas Eksekutif Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menambahkan, sistem ini nantinya akan mempermudah otoritas dalam melakukan pengawasan terhadap emiten yang ada di Indonesia.

Dia menjelaskan, data yang terintegrasi bisa mempermudah pengembangan dan pengawasan industri pasar modal ke depannya dan menarik investor asing karena memiliki akurasi data emiten yang terintegrasi.  

"Investor asing dan lokal itu perlu data terintegrasi. Ini yang diinginkan mereka," pungkas Nurhaida. (MTVN/Arif W) 


(ABD)