Empat Tersangka Penembakan Sengketa Lahan Mesuji Ditangkap

Ahmad Novriwan    •    Senin, 22 Jun 2015 12:45 WIB
sengketa lahan
Empat Tersangka Penembakan Sengketa Lahan Mesuji Ditangkap
Foto: Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Tersangka kasus sengketa lahan berunjung penembakan di kawasan Register 45 Mesuji, Lampung, menjadi empat orang. Keempat tersangka dibawa ke markas Polda Lampung.

"Selain Dendi dan Budi, kini turut diamankan Man bin Ajar (34) laki-laki, alamat Sungai Ceper Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji. Selain Man, juga diringkus Biperman bin Rosi (23), laki-laki, alamat Wiralaga 2 Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji," rilis Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Lampung AKBP Sulityaingsih melalui pesan singkat yang diterima Media Indonesia, Senin (22/6/2015).

Sulis mengatakan saat ini situasi di Mesuji berangsur kondusif. Ada 12 anggota Polri dan 5 anggota TNI guna menjaga keamanan di sana. Kapolda Lampung Brigjen Pol Edwardsyah Pernong mengimbau semua pihak bersabar dan menjaga situasi agar tetap aman.

"Kapolda prihatin dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Warso. Beliau mengharapkan untuk menahan diri. Apalagi umat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa. Yakinkan kepada Polri untuk bisa menyelesaikan persoalan ini," ujar Sulis.

Terpisah, Bupati Mesuji Khamami meminta pemerintah pusat tegas mengambil sikap guna menyelesaikan sengketa tanah di hutan kawasan Register 45, Mesuji. Khamami mendesak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya segera mengambil langkah tegas terkait maraknya masyarakat yang menduduki kawasan Register 45 Mesuji agar tidak terjadi bentrok perebutan lahan.

"Sudah saatnya Kemenhut menerapkan dan melaksanakan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013. Ini harus tegas dan jangan ada pembiaran. Jika pemerintah pusat terus melakukan pembiaran, akan ada korban lagi. Kami berharap pemerintah mengambil tindakan yang cepat dan tegas," kata Khamami.

Selain itu, Khamami meminta masyarakat yang mendiami tanah Register 45, Sungai Buaya, Mesuji saling menjaga nama baik daerah. Ia berharap tidak ada bentrok susulan. "Kepada masyarakat yang ada di Register 45, saya harap mereka jaga nama baik Kabupaten Mesuji. Jangan rusak nama Kabupaten Mesuji dengan cara seperti ini," ujarnya.

Diberitakan, Dua warga Register 45 Mesuji, Santo, 35, dan Sarwo, 52, ditembak orang tak dikenal di kawasan lahan sengketa di  Dusun Sido Rukun, Kecamatan Mesuji Timur, kawasan Register 45 Mesuji, Lampung, Sabtu (20/6/2015) malam. Diduga pelaku berjumlah tujuh orang.


(TTD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA