Ini Agenda The Jakmania Selama Ramadan

K. Yudha Wirakusuma    •    Senin, 22 Jun 2015 14:16 WIB
liga indonesia
Ini Agenda The Jakmania Selama Ramadan
Suporter Persija, The Jakmania menggelar sejumlah acara selama Ramadan kali ini (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembekuan dari Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) dan sanksi FIFA membuat Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan untuk menghentikan gelaran Liga Indonesia (QNB League) 2015. Meski kompetisi terhenti, suporter Persija Jakarta, The Jakmania tak lantas kehilangan kreativitas.

"Tidak ada kompetisi bukan berarti The Jakmania ikut vakum. Ini menjadi momen konsolidasi anggota," kata Sekjen The Jak Mania Febrianto, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Minggu (21/6/2015).

Bulan Ramadan kali ini dimanfaatkan suporter Persija Jakarta untuk memperat tali silaturahmi antaranggota suporter tim Macan Kemayoran di Indonesia.

"Kegiatan difokuskan untuk memperat tali silaturahmi di korwil (koordinator wilayah) dan sub korwil. Misalnya mengadakan acara buka bersama dan melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan," tuturnya.

Untuk di tingkatan pusat, rencananya akan digelar kegiatan 'solidaritas oren' di Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada Minggu 28 Juni. Di sana akan ada band pendukung Persija dan penggalangan dana bagi salah satu pemain Persija Alfin Tuasalamony.

"Alfin sudah dua kali operasi dan perlu perawatan serta satu kali operasi kembali. Pihak regulator dan pemerintah tidak tanggap dengan kondisi Alfin. Itu yang menjadi alasan akan ada penggalangan dana bagi Alfin. Padahal Alfin adalah kapten timnas Indonesia U-23. Kita berharap acara solidaritas oren  membuat para anggota dan pencinta Persija sadar keberadaannya ada karena Persija. Jadi kita berharap semua mengingat kembali asalnya dari mana," beber Febrianto.

Selain itu, The Jakmania bakal mengadakan liga futsal antarkorwil yang dibagi di lima korda (koordinator daerah). Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Barat. "Kami juga ingin semua kegiatan ini mengingatkan kembali budaya betawi kepada The Jakmania karena itulah asal kota Jakarta dan homebase Persija," ucapnya.


(HIL)