Usai Lebaran, Jembatan Sipait Diganti Baru

Aulia I. Salam    •    Senin, 22 Jun 2015 14:57 WIB
peta mudik 2015kemenpu ads
Usai Lebaran, Jembatan Sipait Diganti Baru

Metrotvnews.com, Pekalongan: Usai dilakukan pengerasan, jalur Semarang hingga Purwokerto secara umum dalam kondisi baik. Namun saat memasuki Jembatan Sipait, para pengendara harus mewaspadai bekas lapisan di badan jalan yang mengelupas.

"Jembatan dibongkar setelah lebaran. Rencananya akan diganti total," kata Kasubdit Binlak Wilayah II B, Ditjen Bina Marga Atyanto Busono saat mendampingi tim pemantau kesiapan jalur lebaran Jawa Tengah, Senin (22/6/2015).

Kondisi lantai jembatan di ruas Pemalang-Pekalongan ini memang mengelupas di hampir semua bagian. Permukaan jembatan sudah dilapisi ulang dan baut rangka jembatan diperkuat untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

"Lama pekerjaan sekitar dua tahun, tapi jembatan baru di sebelah sudah bisa digunakan jadi tidak membuat macet," jelas Atyanto.

Tim Pemantau Kesiapan Jalur Lebaran  wilayah Jawa Tengah memulai penelusuran jalan dari 
Semarang ke arah Kendal yang terdapat pekerjaan pengerasan badan jalan. Pekerjaan sepanjang 1,2 kilometer telah selesai namun bahu jalan belum sepenuhnya tuntas. 

"Penyempurnaan bahu jalan akan selesai tujuh hari ke depan," sambung Atyanto. 

Pemantauan dilanjutkan ke Pekalongan hingga ke Losari. Ruas di Brebes dan Pejagan yang dipotong lintasan kereta api sudah diaspal sehingga bisa dilewati kendaraan dengan mudah, walau pekerjaan itu menjadi tugas PT KAI. 

Atyanto mengingatkan calon pemudik untuk berhati-hati di Ciregol. Kawasan tersebut sempat putus namun sudah direlokasi dan masih terdapat pekerjaan perbaikan lereng.

Penanganan Ciregol mencakup penguatan tebing dengan struktur sheet pile dan timbunan tanah di KM pkl 115+900, pembuatan jalan alternatif sepanjang 540 m dilokasi KM pkl 115+240 sampai dengan 115+780 dengan cutting tebing (galian tanah di perbukitan). Kontruksi sheet pile sudah terpasang dan timbunan tanah ditargetkan selesai Oktober 2015. 

Jalan alternatif sepanjang 540 m ditargetkan bisa dibuka pada H-10 meskipun perkerasan badan jalan hanya berupa lapis pondasi agregat kelas A. 

Dari Ciregol tim menuju Bumiayu - Ajibarang yang jalurnya sempit sehingga perlu hati-hati. Kondisi jalan tidak berlubang, hanya bergelombang. Di ruas tersebut juga terdapat pekerjanan untuk marka jalan. Dipastikan dalam  tujuh hari akan selesai. 
 


(LHE)