3 Tipe Bos dan Cara Menanganinya

   •    Senin, 22 Jun 2015 15:46 WIB
keluarga
3 Tipe Bos dan Cara Menanganinya
Cara mengatasi bos. (Foto:telegraph.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengidentifikasi ciri-ciri dominan bos Anda bisa menjadi kunci menangani dia secara bijaksana. Sebagai seorang yang profesional, Anda mungkin akan berurusan dengan beragam jenis bos, beberapa mungkin akan mudah bekerja sama dengannya, sementara yang lain mungkin menganggapnya sebagai mimpi buruk.

Meskipun Anda mungkin memahami bahwa satu-satunya pilihan yang Anda miliki yaitu bekerja di sekitar kemarahan bos Anda, tetapi tentu Anda dapat menghindarinya. Berikut beberapa jenis bos dan bagaimana cara menangani mereka.

1. Santai

Bos paling santai diketahui yang paling nyaman untuk bekerja dengannya. Mereka hanya akan mengawasi pekerjaan yang dilakukan tim dan akan mengganggu jika benar-benar dibutuhkan. Bos yang cenderung santai akan memungkinkan Anda untuk mengambil inisiatif dalam memperbaiki diri sendiri. Itu karena dia tidak mengganggu pekerjaan Anda. Dia memberikan Anda kebebasan untuk bekerja dalam suasana yang nyaman.

Tips: Meskipun bos Anda tidak mengganggu, selalu menjaga dirinya dalam lingkaran mencari saran dan masukkan untuk menghindari masalah di masa depan.

2. Kurang percaya

Bos semacam ini akan sulit untuk ditangani, mereka cenderung memilih isu-isu yang tidak masuk akal dan akan menyamarkan nama mereka saat terjadi kesalahan. Bahkan, ia akan mudah memilih anggota tim tanpa alasan yang konkret. Ia akan cenderung tidak percaya pada tim yang sudah ada.

Padahal, sebagian pekerjaan yang sedang digarap bergantung pada klien, tetapi bos jenis ini akan menolak dan memahami hal ini hingga sering memaksakan keputusannya secara sepihak.

Hal ini tidak hanya menyebabkan hilangnya bisnis, tetapi juga menghambat Anda dari memenuhi target. Kurangnya kepercayaan merupakan faktor utama untuk beberapa jumlah orang berhenti bekerja.

Tips: Sebelum memulai tugas, mencari bimbingan mereka dan terus-menerus memperbarui mereka tentang kemajuan untuk menghindari bentrokan tim dan kritik.

3. Micromanager

Sifat yang khas dari micromanager yaitu seseorang ingin menjadi bagian dari setiap tugas yang dikerjakan. Tentu saja, ini mengapa sering yang terlambat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Meskipun menakutkan, jenis bos ini masih memiliki banyak hal yang positif.

Seperti dengan melakukan evaluasi secara terus menerus oleh bos dapat membantu Anda memenuhi target yang ingin dicapai. Meskipun beberapa micromanager sering melanggar moral, kebanyakan dari mereka menjaga tim dengan pekerjaan yang dilakukannya untuk menjaga kualitas dan memenuhi tenggang waktu.

Tips: Jika Anda menyadari bahwa bos Anda ingin menjadi bagian dari segala sesuatu, pastikan dia baik dalam menerima informasi tentang pekerjaan yang Anda lakukan, rencana kerja mingguan Anda serta prestasi Anda secara teratur. Ini akan membantu menghindari konflik. (Sumarni/TimesofIndia)


(LOV)