Danjen Kopassus: Rakyat Papua Jangan Dijadikan Musuh Terus

Misbahol Munir    •    Senin, 22 Jun 2015 16:47 WIB
papua
Danjen Kopassus: Rakyat Papua Jangan Dijadikan Musuh Terus
Danjen Kopassus Mayjen Doni Monardo. Foto: Antara/Vitalis Yogi Trisna/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Kelompok separatis yang tergabung dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) terus melakukan aksi makar terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebaliknya, pemerintah pusat terus melakukan berbagai upaya agar kelompok tersebut lunak.

Danjen Kopassus Mayjen Doni Monardo memiliki pandangan tersendiri terkait masalah tersebut. Dia mengatakan, semua pihak harus mengubah pandangan terhadap rakyat Papua. Dari semula memandang sebagai musuh harus diubah menjadi kawan.

"Rakyat Papua jangan dijadikan musuh terus. Pandangan itu sekarang harus diubah," jelas Doni saat berkunjung ke Kantor Media Group di Kedoya, Jakarta Barat, Senin (22/6/2015).

Saat ini, lanjut dia, Papua hanya membutuhkan 3 K, yaitu kesetaraan, keadilan dan kesejahteraan. Tiga faktor itu harus menjadi prioritas bagi semua pihak untuk merangkul kembali dan membangun Papua.

"Untuk bangun Papua, harus memenuhi 3 K tadi," jelas dia.

Doni mengatakan ia tidak memiliki strategi khusus mengenai pembangunan kesejahteraan untuk masyarakat Papua. Namun, pihaknya akan bekerja keras untuk merangkul kaum muda agar peduli terhadap masa depan Papua.

"Kopassus tidak bisa membangun kesejahteraan. Tapi kami akan meracuni (merangkul-red.) anak-anak muda agar peduli terhadap masa depan Papua," tegasnya.


(MBM)