Jepang Lanjutkan Perburuan Ikan Paus di Antartika

Willy Haryono    •    Senin, 22 Jun 2015 17:34 WIB
satwa
Jepang Lanjutkan Perburuan Ikan Paus di Antartika
Seekor ikan paus minke berada di atas kapal pemburu asal Jepang, 18 November 2014. AFP / Institute of Cetacean Research / THE INSTITUTE OF CETACEAN RESEAR

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang berencana melanjutkan perburuan ikan paus di Antartika pada tahun ini walaupun adanya kecaman dari regulator global. Jepang diminta memaparkan lebih banyak bukti bahwa perburuan paus memang semata untuk tujuan riset. 

Joji Morishita, negosiator perburuan ikan paus asal Jepang, mengatakan perdebatan mengenai apakah Jepang harus membunuh atau tidak membunuh mamalia laut tersebut sudah bergeser dari sains ke politik. 

Komisi Paus Internasional (IWC) menyebut Jepang telah gagal memberikan serangkaian detail terkait tujuan dari pembantaian sekitar 4000 paus minke di Antartika dalam 12 tahun terakhir. 

"Tidak ada kesimpulan definitif dari laporan itu, karena IWC sendiri adalah organisasi terpecah," ucap Morishita kepada sejumlah awak media, seperti dikutip AFP, Senin (22/6/2015). 

"Karena terpecah, bahkan komite sains IWC juga kesulitan membuat semacam kesimpulan," sambung dia. 

Morishita menegaskan posisi Jepang tidak berubah dalam hal ini. Menurut dia, Jepang tidak membutuhkan izin IWC untuk terus memburu paus minke di Antartika. Jepang menegaskan populasi minke cukup besar sehingga tidak akan membahayakan jumlahnya. 


(WIL)