Inflasi di DKI Jakarta Dipengaruhi 3 Masalah Ini

Eko Nordiansyah    •    Senin, 22 Jun 2015 19:05 WIB
inflasi
Inflasi di DKI Jakarta Dipengaruhi 3 Masalah Ini
Bank Indonesia (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Zulverdi mengatakan, inflasi di Jakarta sebagai daerah demand terutama bahan pangan dipengaruhi oleh tiga masalah yang berkaitan dengan macet, banjir, dan biaya logistik mahal.

"Jakarta daerah demand terutama bahan pangan, yang tergantung suplai dan distribusi. Inflasi (di Jakarta) isunya macet, banjir, dan biaya logistik mahal. Sumber-sumber inflasi di Jakarta yakni tiga kelompok besar, kenaikan sewa/kontrak rumah, kenaikan ongkos angkutan dalam kota dan kenaikan harga pangan," ujarnya, di Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta, Jalan IR H Juanda Nomor 28, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2015).

Untuk itu, lanjut Dody, seharusnya fokus pengendalian inflasi juga melalui tiga hal, yakni membenahi sektor perumahan, membenahi sektor angkutan, dan membenahi distribusi pangan. "TPID DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengarah ke sana. BI sudah konsultasi TPID Jakarta. Intinya di Jakarta berputar-putar pada tiga aspek tadi," jelas dia.

Dirinya menambahkan, perlu juga disusun roadmap yang intinya bagaimana menyelesaikan hambatan kerja sama antar daerah. "DKI Jakarta memang mempelopori kerja sama antardaerah, tapi implementasinya belum optimal. Penguatan sistem logistik, manajemen stok, penguatan peran BUMD dalam pengendalian dan pembentukan harga. Aspek infrastruktur melalui pembangunan MRT dan rusunawa," terangnya.

Selain itu, masih kata Dody, perlu juga dilakukan pengendalian harga tanah di Jakarta. "Sumber sewa kontrak meningkat karena harga tanah meningkat. Kalau ini bisa dilakukan, ketersediaan tanah untuk perumahan bisa dijaga," pungkasnya.


(ABD)