Brebes Menjadi Tumpuan Arus Mudik Lebaran 2015

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 22 Jun 2015 19:35 WIB
peta mudik 2015
Brebes Menjadi Tumpuan Arus Mudik Lebaran 2015

Metrotvnews.com, Brebes: Peresmian jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan menyebabkan arus mudik bertumpu di Brebes, Jawa Tengah. Posisi tepatnya yaitu di pintu keluar Tol Brebes Timur, di Kelurahan Kaligangsa, Brebes.

"Dibukanya Tol Cipali membuat kendaraan akan terkonsentrasi di wilayah Kabupaten Brebes. Mereka yang menuju Jawa Tengah akan meneruskan perjalanan masuk ke Tol Kanci – Pejagan. Akibatnya arus mudik akan tumpah ruah di Brebes," ujar Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Brebes, AKP Rendu Jul Ikhlas, usai rapat persiapan Operasi Ketupat Candi (OKC) 2015, Senin (22/6/2015).

Rendy mengaku akan melakukan pemusatan pengamanan dengan menempatkan banyak petugas di pos pengamanan Exit Tol Brebes Timur. Selain itu, pihaknya terus memantau perkembangan perbaikan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 20 kilometer yang akan digunakan arus mudik.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono menargetkan pemudik dapat melintasi tol Pejagan-Pemalang pada 20 hari menjelang Lebaran (H-20).

Perwakilan PT Pejagan-Pemalang Toll Road (PPTR) Mita Lorita mengatakan panjang jalan yang akan difungsikan untuk mudik tersebut hanya sepanjang 20 km dari total 57,50 km‎ yang membentang dari Pejagan ke Pemalang.

"Kita pokoknya kerjakan saja. Kalau jembatan mungkin hanya dua yang tidak dilalui karena masih ada sengketa lahan dengan warga yaitu di Desa Krasak dan Desa Rancawuluh. Selebihnya jembatan akan bisa dilalui," kata Mita.

Saat ini pekerjaan Tol Pejagan – Pemalang perbaikannya tengah dikebut supaya bisa berpartisipasi mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Pantura. Meskipun pengaspalan jalan tidak bisa sampai tuntas, pihak PPTR akan berupaya agar jalan layak dikendarai.

“Nanti yang melalui hanya kendaraan pribadi. Untuk truk dan kendaraan roda dua dari kepolisian akan mengarahkan ke jalan Pantura dan jalur selatan,” ujar Mita.


(RRN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA