Tak Punya Roadmap Papua, Komisi I: Amnesti Tapol Belum Perlu

Surya Perkasa    •    Senin, 22 Jun 2015 22:05 WIB
papua
Tak Punya <i>Roadmap</i> Papua, Komisi I: Amnesti Tapol Belum Perlu
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi I DPR menilai pemerintah Jokowi-JK masih belum memiliki roadmap (peta jalan) politik strategis di Papua. Karena alasan itu, Komisi I DPR berpendapat kebijakan pemberian amnesti dan abolisi tahanan politik masih belum perlu dijalankan.

"Ya bisa dikatakan demikian (belum perlu). Kami belum lihat peta besar atau peta jalannya mau bagaimana," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya usai rapat dengan tiga pimpinan lembaga dan kementerian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Tantowi menambahkan, kebijakan Presiden tersebut tidak direspons baik oleh masyarakat Papua sendiri. Dia mencontohkan, masih banyak gerakan yang mengarah kepada pelepasan diri Papua dari Indonesia.

"Ini tidak diamini begitu saja oleh rakyat Papua. Gelombang yang mereka teriakkan untuk pisahkan diri masih ada," kata politikus Golkar ini.

Komisi I menilai, Jokowi-JK dan jajarannya perlu menyusun roadmap yang akan dipakai terlebih dahulu. Barulah membuat kebijakan di daerah paling timur Indonesia ini.

Pemerintah, DPR dan stakeholder harus menyusun roadmap tersebut. Karena penyelesaian Papua tidak boleh dibuat secara sektoral atau parsial. Kebijakan harus dibuat hati-hati. Salah satu yang dikritik Tantowi adalah kebijakan pers asing dibebaskan masuk Papua.

"Presiden terkesan impulsif. Saat itu hari pers Internasional, Presiden membebaskan pers asing masuk. Seharusnya pakai roadmap. Karena harus dilihat politik strategis di Papua," kata dia.


(ALB)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA