BIN Masa Depan Harus Perkuat Intelijen Siber

Surya Perkasa    •    Selasa, 23 Jun 2015 01:14 WIB
bin
BIN Masa Depan Harus Perkuat Intelijen Siber
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (tengah) bersama Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi (kedua kanan) dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjend TNI (Purn) Marciano Norman (kanan) berbincang dengan anggota dewan seusai melakukan rapat kerja dengan Kom

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala BIN Marciano Norman mengungkapkan, tugas kepala BIN baru yang ditunjuk oleh presiden yaitu memperkuat kemampuan intelijen negara di bidang IT. Salah satunya peningkatan sumber daya di bidang siber.

"Prioritas BIN peningkatan kualitas dari kemampuan siber kita, kualitas SDM kita," kata Kepala BIN Marciano Norman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Menurut purnawirawan Letnan Jenderal, masalah pertahanan dan intelijen dunia maya menjadi prioritas utama karena tidak bisa dielakkan. Apalagi perang intelijen sudah bergeser dari cara konvensional menuju siber.

"Ancaman siber akan semakin dinamis dan modern," ujarnya.

Kedepannya, pemimpin BIN diharapkan tidak merubah komposisi lembaga intelijen negara. BIN harus tetap didominasi oleh sipil dengan sokongan militer dan polisi.

"Di situ tiga, dengan komposisi 80 persen sipil, 20 persen TNI dan Polri. Pertahankan komposisi seperti itu," tukas dia.


(ALB)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA