Siang ini DPR Paripurna dan Bahas Dana Aspirasi dengan KPK-BPK

Surya Perkasa    •    Selasa, 23 Jun 2015 06:44 WIB
Siang ini DPR Paripurna dan Bahas Dana Aspirasi dengan KPK-BPK
Ilustrasi Gedung DPR -- ANTARA FOTO/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR akan mengadakan Rapat Paripurna hari ini Selasa (23/6/2015). Dalam Paripurna, akan dibacakan beberapa UU yang sudah selesai dibahas di Badan Legislatif dan dibawa ke tingkat berikutnya.

"Akan ada pembacaan surat masuk, sama pemaparan Baleg," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Salah satu pengesahan RUU untuk dilanjutkan menjadi pembahasan DPR adalah UU Larangan Minuman Beralkohol. Karena RUU ini disebutkan telah selesai dibahas di Badan Legislasi.

Namun untuk surat usulan nama Panglima TNI dan Kepala BIN kemungkinan tidak dibacakan karena masih dibahas di tingkat Badan Musyawarah.

"Tadi belum tercover (di Bamus), cuma lihat perkembangan besok," kata politikus PAN ini.

Baleg juga akan memaparkan peraturan DPR untuk Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP), atau dana aspirasi. "Ini besok (hari ini) akan disampaikan hasil dari putusan pleno baleg dan tentunya akan jadi salah satu payung hukum," kata Taufik.

Selain itu disepakati juga untuk mengundang KPK dan BPK. Tim UP2DP di Baleg akan meminta pandangan kedua lembaga tersebut untuk dana aspirasi yang kini menjadi polemik.

"Ini adalah prioritas program legislasi. Juga pendalaman masa persidangan. Semua setuju prinsipnya, masa reses dari 1 bulan jadi 3 minggu. Finalisasinya, lihat dari fraksi," terang Taufik.

Pertemuan Baleg dengan BPK dan KPK diagendakan jam 10.00. Sedangkan rapat paripurna akan diadakan pada jam 14.00.
(ALB)