Pastikan Pasokan Pangan, Mentan Kunjungi Sentra Produksi Jawa Timur

Husen Miftahudin    •    Selasa, 23 Jun 2015 08:22 WIB
kementan ads
Pastikan Pasokan Pangan, Mentan Kunjungi Sentra Produksi Jawa Timur
Mentan Amran Sulaiman saat mengunjungi desa di Demak belum lama ini. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Nganjuk: Kebutuhan pangan menjelang puasa dan Lebaran selalu meningkat, tak ayal harga-harga kebutuhan pokok terus bergejolak akibat pasokan yang tak mampu seimbangi kebutuhan. Maka itu, untuk memastikan pasokan pangan dalam negeri, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman akan mengunjungi sentra-sentra produksi pangan di Jawa Timur.

Rencananya, Selasa (23/6/2015) ini Amran akan melakukan panen raya pangan di dua tempat Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Lokasi pertama, jebolan Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin itu akan melakukan panen padi bersama perwakilan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) di Desa Kepanjen, Kecamatan Pace.

Di tempat yang sama, Amran akan menyerahkan bantuan pompa air sebagai langkah antisipasi menghadapi kekeringan. Selanjutnya, pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan 47 tahun silam ini akan melakukan panen bawang merah di Desa Sumberejo, Kecamatan Gondang.

Tak berhenti sampai di situ, sore harinya Amran langsung mengikuti acara rapat koordinator dengan Bulog, Dinas Pertanian, dan Kodam se-Jawa Timur. Seperti diketahui, pemerintah telah memastikan pasokan pangan saat puasa hingga lebaran nanti aman. Untuk pasokan bawang merah, produksi Juni dan Juli melimpah melebihi kebutuhan per bulannya yang hanya 90 ribu ton.

Sedangkan untuk beras, pasokan dalam negeri mampu mencukupi hingga enam bulan mendatang karena beberapa daerah sentra produksi telah mengalami panen raya. Untuk daging sapi, pemerintah telah mengantisipasi dengan menambah kuota impor sapi untuk kebutuhan puasa dan Lebaran sebanyak 29 ribu ekor sapi siap potong.


(AHL)