Pertamina Antisipasi Pasokan BBM-LPG di Kepri

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 23 Jun 2015 08:29 WIB
bbm
Pertamina Antisipasi Pasokan BBM-LPG di Kepri
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Marketing Operation Regional (MOR) I PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan langkah-langkah untuk antisipasi kenaikan pemakaian BBM dan LPG periode Ramadan dan Lebaran di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Di setiap periode menjelang Ramadan dan Idul Fitri, Pertamina selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus menjaga ketahanan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi BBM dan LPG dengan baik,” kata Supervisor External Relation Pertamina Marketing Operation I Zainal Abidin, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Zainal mengatakan, upaya ini dilakukan karena bulan ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG. "Upaya ini kami lakukan untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG," ujar dia.

Lebih lanjut, Zainal menjelaskan estimasi distribusi premium pada H-15 sampai dengan H+15 Idul Fitri di SPBU Pertamina dan mitra Pertamina di Kepulauan Riau diperkirakan naik tiga persen dari rata-rata harian normal 1.025 kiloliter (kl) menjadi 1.055 kl.

"Sementara distribusi solar diperkirakan relatif stabil karena telah ada sistem fuel card maupun kartu survei dengan rata-rata harian normal 249 kl," jelas dia.

Sementara untuk distribusi LPG, ia mengungkapkan Juni-Juli 2015 diperkirakan mengalami kenaikan sebesar empat persen dari distribusi Mei 2015 dari 3.264 metrik ton (1.088.000 tabung) menjadi 3.395 metrik ton (1.131.667 tabung).


(AHL)