Samsung Membuat Truk Transparan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 23 Jun 2015 10:35 WIB
samsung
Samsung Membuat Truk Transparan
Truck Safety dari Samsung ingin mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi.

Metrotvnews.com: Terjebak di belakang truk besar yang lambat memang menjengkelkan. Meskipun begitu, untuk melewati truk besar tersebut terkadang bukanlah hal yang mudah, terutama saat Anda berada di jalan sempit yang hanya cukup untuk dilewati 2 mobil.

Banyak kecelakaan yang terjadi karena sebuah mobil berusaha melewati truk besar dan tertabrak oleh mobil yang ternyata ada di depan truk tersebut. Samsung muncul dengan sebuah solusi sederhana untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi.

Cabang Samsung di Argentina baru saja memamerkan apa yang mereka sebut dengan Safety Truck, sebuah truk yang dilengkapi dengan kamera nirkabel di bagian depan dan 4 layar di bagian belakang. Kamera yang ada di bagian depan akan merekam keadaan jalan di depan truk dan akan menampilkannya pada 4 layar yang ada pada bagian belakang.

Samsung menyebutkan, kamera di depan truk, tak hanya akan membantu pengendara mobil yang terjebak di belakang truk, tetapi juga membantu pengendara truk untuk melihat keadaan jalan di depan. Dengan demikian, mereka akan dapat mengantisipasi keadaan jalan dengan lebih baik dan mengurangi terjadinya pengereman mendadak.

Tujuan Samsung membuat Safety Truck adalah untuk mengurangi kecelakaan karena sebuah mobil berusaha melewati truk besar yang ada di hadapannya. Samsung menyebutkan bahwa saat ini, truk yang mereka jadikan bahan percobaan sedang digunakan lembaga pemerintah dan LSM untuk mempelajarinya lebih lanjut dan menerapkannya secara luas.

Solusi yang ditawarkan Samsung memang menarik. Meskipun begitu, Samsung belum memberikan waktu yang jelas, kapan teknologi ini dapat digunakan secara luas. (Mashable)

Inilah video demo dari Safety Truck milik Samsung.

 


(ABE)