Twitter Ingin CEO yang Sepenuhnya Komit pada Twitter

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 23 Jun 2015 10:02 WIB
twitter
Twitter Ingin CEO yang Sepenuhnya Komit pada Twitter
Jack Dorsey menolak untuk mudur dari jabatannya sebagai CEO Square. AFP PHOTO / JUSTIN TALLIS

Metrotvnews.com: Sejak Dick Costolo mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri sebagai CEO Twitter per tanggal 1 Juli nanti, Jack Dorsey, salah satu pendiri Twitter yang sekarang juga telah menjadi CEO Square, perusahaan miliknya yang lain, disebutkan akan menggantikan Costolo sebagai CEO, setidaknya untuk sementara.

Dan kini, Twitter secara memberikan peringatan secara terang-terangan pada Dorsey: jika Anda ingin menjadi CEO sepenuhnya, maka Anda harus berhenti menjadi CEO Square.

Dalam sebuah memo yang dikirimkan untuk para investornya, Twitter menyebutkan bahwa mereka hanya akan mempertimbangkan seseorang untuk menjadi CEO tetap jika orang tersebut "berada di posisi untuk sepenuhnya fokus pada Twitter." Pernyataan ini tampaknya adalah respons dari Twitter akan pernyataan Dorsey yang menyatakan bahwa dia tidak akan melepaskan posisinya di Square, perusahaan sistem pembayaran yang dia dirikan setelah dia mendirikan Twitter.

"Saya adalah CEO Square dan hal itu tidak berubah," kata Dorsey pada Recode minggu lalu.

Jika Dorsey berkeras untuk tidak mundur dari jabatannya sebagai CEO di Square dan Twitter berkeras untuk mencari orang yang dapat mendedikasikan seluruh waktunya, maka sudah dapat dipastikan bahwa Dorsey hanya akan menjadi CEO sementara.

Meskipun begitu, tetap ada kemungkinan Dorsey akan mengubah pendiriannya dan memutuskan untuk mundur sebagai CEO Square dan mengambil posisi dengan tanggung jawab yang tak terlalu besar dalam Square untuk mendedikasikan waktunya untuk Twitter.

Di sisi lain, tidak tertutup kemungkinan Twitter yang akan mengubah pendapat mereka dan menerima fakta bahwa Dorsey dapat menjadi CEO dari 2 perusahaan sekaligus. Satu hal yang pasti, saat ini, belum ada keputusan yang pasti.

Tampaknya, Twitter hanya ingin memberitahu para investor mereka bahwa Dorsey tidak memenuhi kriteria yang telah mereka tentukan untuk menjadi CEO Twitter sepenuhnya. Sayangnya, saat diminta berkomentar mengenai hal ini, para dewan Twitter tidak memberikan komentar apa pun. (The Verge)


(ABE)